Kompas TV nasional hukum

Pengakuan Steven Pelaku yang Tipu Jessica Iskandar Rp9,8 Miliar, Kabur ke Luar Negeri untuk Bisnis

Kompas.tv - 22 November 2023, 12:47 WIB
pengakuan-steven-pelaku-yang-tipu-jessica-iskandar-rp9-8-miliar-kabur-ke-luar-negeri-untuk-bisnis
Tersangka kasus penipuan dan penggelapan sewa mobil, Christoper Steffanus Budianto (CSB) yang merugikan artis Jessica Iskandar (Jedar) tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Azmi)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Christoper Stefanus Budianto alias Steven, tersangka penipuan dan penggelapan mobil milik artis Jessica Iskandar alias Jedar mengaku melarikan diri ke luar negeri untuk mencari pekerjaan.

Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah mengatakan tujuan pelaku Steven bekerja di luar negeri untuk mengembalikan uang dari hasil penipuan dan penggelapan.

"Sementara hasil interview, tersangka mau bekerja atau bisnis ke luar negeri untuk mengumpulkan dana dan dikembalikan kepada para korban di Jakarta," kata Yuliansyah kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Baca Juga: Selama Kabur, Pelaku Penggelapan Mobil Jessica Iskandar Kerap Berpindah-pindah ke Tiga Negara

Yuliansyah mengungkapkan tersangka Steven mengaku tengah berbisnis sewa kendaraan saat ditangkap di Thailand. 

Kegiatan bisnis yang diakui tersangka Steven tersebut serupa dengan saat ia menjalani bisnis dan menipu Jessica Iskandar di Jakarta.

"Dia melaksanakan bisnis di sana berkaitan dengan sewa kendaraan," ucap Yuliansyah.

Namun demikian, Yuliansyah menambahkan polisi masih terus mendalami lebih jauh kegiatan Steven selama kabur ke luar negeri.

Sebelumnya, polisi berhasil menangkap Christoper Steffanus Budianto (CSB) di Bangkok, Thailand, tersangka kasus penipuan dan penggelapan mobil yang merugikan artis Jessica Iskandar (Jedar) hingga mencapai Rp9,8 miliar.

Setelah ditangkap, tersangka Christoper digelandang ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, pada Selasa (21/11) malam.

Baca Juga: Akhir Pelarian 1,5 Tahun Pelaku Penggelepan Mobil Jessica Iskandar Berakhir di Bangkok Thailand

Tiba sekitar pukul 21.45 WIB, tersangka Christoper yang dikawal oleh sejumlah anggota Polri langsung dibawa ke Polda Metro Jaya oleh tim penyidik.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x