Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar: Pemilih Pemula Lebih Tertarik pada Gimik ketimbang Visi-Misi

Kompas.tv - 30 November 2023, 13:49 WIB
ganjar-pemilih-pemula-lebih-tertarik-pada-gimik-ketimbang-visi-misi
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat berada di Kantor PWI, Jakarta, Kamis (30/11/2023). (Sumber: Narda Margaretha Sinambela/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, menilai pemilih pemula saat ini lebih tertarik pada gimik ketimbang visi-misi yang ditawarkan kontestan pemilu.

Eks gubernur Jawa Tengah itu menyebut trik-trik yang dimunculkan pasangan capres-cawapres lebih menarik perhatian para pemilih pemula pada Pemilu 2024.

"Banyak media, ketika bertanya kepada saya apa visi dan misinya, apa programnya, dan seterusnya. Kalangan pemilih, apalagi pemilih pemula, itu tidak terlalu tertarik, (mereka) tertarik lebih kepada gimik," kata Ganjar di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Soal Dugaan Peretasan Situs dan Kebocoran Data KPU, Ganjar: Kami Pantau Terus Menerus

Meskipun demikian, dia menilai demokrasi tetap bisa berlangsung secara substansial. Menurutnya, substansi demokrasi tak hanya berkenaan dengan aspek politik, tetapi juga alam pikir ekonomi dan sosial budaya.

Kata Ganjar, apabila keadaan ekonomi dan sosial suatu negara baik, otomatis akan diikuti pula dengan kemajuan politik. Hal itu berarti pula kemajuan substansi demokrasi.

"Kemudian, para kandidat itu bisa menyampaikan apa yang menjadi ide, gagasan, kondisi, dan solusi," kata Ganjar, sebagaimana dikutip Antara.

Ganjar yang berpasangan dengan Mahfud MD pada Pilpres 2024, datang ke kantor PWI untuk berdialog santai dengan Dewan Pers.

Ketua PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan Ganjar akan mempaparkan visi-misi dan berbicara tentang kemerdekaan pers di Indonesia.

"Diundang untuk pemaparan program, menjawab pertanyaan tentang kemerdekaan pers dan seterusnya," kata Bangun.

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Buka Penggalangan Dana, Masyarakat Bisa Sumbang Rp10 Ribu


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x