Kompas TV nasional rumah pemilu

Jelang Debat Perdana, TPN: Ganjar-Mahfud Berkomitmen Wujudkan UU Perampasan Aset

Kompas.tv - 12 Desember 2023, 09:53 WIB
jelang-debat-perdana-tpn-ganjar-mahfud-berkomitmen-wujudkan-uu-perampasan-aset
Bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo (kiri) bersama bakal cawapresnya, Mahfud MD, tersenyum setelah mendaftarkan diri di kantor KPU di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim, mengatakan pasangan capres-cawapres nomor 3 itu sudah siap untuk memaparkan komitmen antikorupsi dalam debat perdana yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari ini.

Salah satu hal yang menjadi gagasan Ganjar-Mahfud adalah mewujudkan Undang-Undang (UU) Perampasan Aset.

Debat ini akan mengusung tema hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik, penguatan demokrasi, serta penanganan disinformasi dan kerukunan warga.

"Mas Ganjar dan Prof Mahfud punya program konkret, antara lain melalui percepatan digitalisasi birokrasi untuk pencegahan korupsi, penguatan KPK bersama dengan Kejaksaan dan Polri secara sinergis dan harmonis, serta mewujudkan UU Perampasan Aset untuk mengamankan aset negara dari tangan koruptor," kata Chico kepada wartawan, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga: Dikumpulkan TKN Prabowo-Gibran, Aktivis 98 Bicara Soal Ini Jelang Debat Capres-Cawapres

Dia menyebut Ganjar dan Mahfud lahir dan tumbuh sebagai keluarga sederhana. Menurutnya, mereka juga tidak pernah menyalahgunakan kekuasaan.

"Rekam jejak juga sudah membuktikan. Mas Ganjar berhasil membawa semangat Ora Korupsi Ora Ngapusi selama menjabat sebagai gubernur sehingga sampai tiga kali berturut-turut Provinsi Jawa Tengah mendapatkan penghargaan KPK," ujarnya.

Selain itu, kata Chico, Mahfud sukses mengungkap berbagai kasus besar seperti kasus Ferdy Sambo, kejanggalan transaksi di Kementerian Keuangan, hingga kasus mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo.

"Tidak ada kompromi untuk KKN! Maka itu, kita pasti sangat yakin Mas Ganjar dan Prof Mahfud bisa mengimplementasikan semangat antikorupsi saat nantinya menjabat menjadi presiden dan wakil presiden untuk membawa Indonesia jadi lebih baik," katanya.

Sebelumnya, Ganjar menyayangkan durasi debat Pilpres 2024, yang menurutnya terlalu singkat. Debat Pilpres tersebut akan diadakan perdana hari ini, Selasa, 12 Desember 2023. 

Baca Juga: Mengenang Debat Pilpres Pertama 2004, Tak Ada Saling Serang Malah seperti Monolog

KPU telah menetapkan debat akan berlangsung selama 150 menit.

“Iya, enggak akan bisa mengakomodir semuanya," kata Ganjar, Senin (11/12/2023).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x