Kompas TV nasional peristiwa

Gaduh Polisi Setop Pengawal Ambulans, Polda Metro: Sudah Benar karena Bisa Bahayakan Pengendara Lain

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 17:21 WIB
gaduh-polisi-setop-pengawal-ambulans-polda-metro-sudah-benar-karena-bisa-bahayakan-pengendara-lain
Tangkapan layar dari akun instagram @infojakbar24 terlihat Polantas menghentikan motor yang sedang mengawal ambulans. (Sumber: ANTARA/instagram/@infojakbar24/Ilham Kausar)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman buka suara menanggapi video viral yang menampilkan polisi lalu lintas atau polantas menghentikan pengawal ambulans di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Menurut Kombes Latif, aksi polantas yang menghentikan pengawalan ambulans tersebut pada Senin (11/12/2023) itu sudah bertindak sesuai aturan yang berlaku.

"Sesuai aturan ketentuan (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengawalan itu harus mempunyai kompetensi dan itu kewenangan Polri," kata Kombes Latif saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (13/12/2023).

Baca Juga: Polisi Tangkap 2 Tersangka Baru Bentrokan di Bitung, Perannya Menganiaya hingga Merusak Ambulans

Menurut Latif, motor yang mengawal ambulans tersebut dapat membahayakan pengendara lain yang melintas di jalan yang sama.

"Makanya kemarin langsung diambil alih oleh anggota polisi dan dikawal sampai rumah sakit," ujar Kombes Latif.

Latif pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pengawalan terhadap ambulans karena kendaraan tersebut merupakan kendaraan prioritas di jalan raya.

"Nah, walaupun tidak dikawal oleh polisi, karena ambulans itu merupakan kendaraan yang diprioritaskan untuk berlalu lintas," ucap Latif.


Baca Juga: Viral Video Polantas Minta Duit ke Pengemudi Mobil, Polda Metro Sebut Itu Video Lama: Sudah Pensiun

Sebelumnya diberitakan, video anggota Polantas menghentikan pemotor pengawal ambulans di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, viral di media sosial.

Peristiwa tersebut viral setelah diunggah oleh akun @infojakbar24. Dalam video yang beredar, ambulans tersebut dinarasikan tengah membawa pasien.

"Akibat sepeda motor itu dihentikan, ambulans rem mendadak dan membuat pasien serta keluarganya kaget dan sang pasien lanjut usia itu kepalanya sampai terkena kursi sopir bagian belakang," tulis keterangan unggahan yang dikutip dari akun instagram @infojakbar24.

Baca Juga: Kejar-kejaran di Tol JORR, Buronan Bareskrim Akhirnya Tak Berkutik Ditangkap Polantas Polda Metro

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x