Kompas TV nasional peristiwa

Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 Bertepatan Musim Hujan, Berikut Titik-Titik Rawan Bencana

Kompas.tv - 15 Desember 2023, 22:05 WIB
libur-natal-2023-dan-tahun-baru-2024-bertepatan-musim-hujan-berikut-titik-titik-rawan-bencana
Ilustrasi. Berikut titik-titik rawan bencana selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang bertepatan dengan musim hujan. (Sumber: Kementerian Perhubungan)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini, pemerintah mengungkapkan sejumlah titik yang rawan terjadi bencana.

Seperti yang diketahui, libur Nataru di bulan Desember 2023 ini juga bertepatan dengan musim hujan.

Sejumlah daerah diprediksi mempunyai curah hujan tinggi sehingga rawan terjadi bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pun sudah menyiapkan tim tanggap bencana yang berkaitan longsor dan banjir.

Selain itu, Kementerian PUPR juga mengimbau agar para pemudik berhati-hati selama perjalanan.

"Libur Nataru ini ada pada musim penghujan," ujar Direktur Jendral Bina Marga, Kementerian PUPR Hedy Rahadian dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (15/12/2023), dikutip dari Tribunnews.com.

"Disebar di beberapa titik yang dinilai rawan bencana tanah longsor, baik di Pulau Jawa maupun di Pulau Sumatera," ungkap Hedy terkait tim tanggap bencana.

Mengenai titik lokasi yang rawan bencana, Hedy mengatakan wilayah-wilayah perbukitan saat masuk musim penghujan menjadi rawan longsor.

Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Bapanas Sebut Persediaan Pangan Masih Aman



Sumber : Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x