Kompas TV nasional politik

Rektor UII Soroti Kemunduran Demokrasi, Praktik Berpolitik Semakin Jauh dari Nilai-nilai Kebajikan

Kompas.tv - 20 Desember 2023, 07:43 WIB
rektor-uii-soroti-kemunduran-demokrasi-praktik-berpolitik-semakin-jauh-dari-nilai-nilai-kebajikan
Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid meyoroti kondisi kemunduran demokrasi yang terjadi belakangan ini, Selasa (19/12/2023). (Sumber: Dok. Humas UII)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Fathul Wahid menyoroti kondisi demokrasi di Tanah Air belakangan ini yang mengalami keprihatinan. 

Fathul menilai saat ini Indonesia mengalami kemunduran demokrasi. Penilaian itu dapat dilihat dari perkembangan yang terjadi belakangan. 

Menurutnya praktik berbangsa dan bernegara saat ini telah mempertontonkan kepada publik maraknya penyalahgunaan kekuasaan. 

"Politik kekuasaan yang abai terhadap kepentingan rakyat seakan kembali hadir sebagai panglima. Praktik berpolitik semakin jauh dari nilai-nilai kebajikan dan tidak lagi dibingkai sebagai sarana melayani kepentingan bangsa dan negara," ujarnya dalam pernyataan sikap UII dikutip dari laman uii.ac.id, Selasa (19/12/2023). 

Fathul menyatakan kondisi ini telah membawa Indonesia kepada kemunduran demokrasi yang diindikasikan oleh banyak aspek.

Baca Juga: Capres Saling Serang soal Demokrasi di Debat Pertama, Ini Kata Bagir Manan | ROSI

Seperti penegakan hukum yang tidak konsisten, pemberantasan korupsi yang tebang pilih, dan kebebasan berekspresi yang semu. 

Hal ini tersebut juga telah menghadirkan perselingkuhan antarpenguasa yang melahirkan oligarki dan menumbuhsuburkan fenomena kolusi dan nepotisme. 

"Akhirnya, rakyat hanya menjadi objek pelanggeng kekuasaan yang tidak dihargai martabatnya," ujar Fathul. 

Menyikapi kondisi kemunduran demokrasi yang terjadi saat ini, selaku pemimpin civitas akademik, Fathul menyerukan empat pernyataan sikap dari UII. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x