Kompas TV nasional peristiwa

Anak Zulhas Sebut Candaan Ayah soal Salat sebagai Pesan Politik Riang Gembira, Tak Takut Dilaporkan

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 18:31 WIB
anak-zulhas-sebut-candaan-ayah-soal-salat-sebagai-pesan-politik-riang-gembira-tak-takut-dilaporkan
Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus anak Zulkifli Hasan Zita Anjani di Kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Jakarta, Kamis (21/12/2023). Zita angkat suara setelah sang ayah, Zulkifli Hasan viral lantaran candaan tentang gerakan salat yang dinilai menistakan agama. (Sumber: Kompas.tv/Ani)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anak Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas), Zita Anjani, buka suara setelah ramai soal pernyataan ayahnya mengenai candaan tentang gerakan salat.

Zita Anjani menegaskan bahwa tidak ada provokasi maupun adu agama terkait penggalan video ucapan Zulhas yang berkelakar tentang salat.

"Rasanya tidak mungkin kalau PAN itu melakukan provokasi apalagi adu agama," kata Zita di Kantor Bawaslu Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga: Buntut Ucapannya, Zulkifli Hasan Dilaporkan terkait Kasus Penistaan Agama ke Bareskrim Polri

Menurut Zita, pernyataan sang ayah saat itu hanyalah sebagai bentuk pesan politik yang riang gembira, damai dan membahagiakan.

Di sisi lain, Zita mengaku curiga ada oknum yang sedang ‘bermain’ terkait isu agama, sehingga berniat untuk memecah belah momentum Pemilu 2024. Padahal, kata dia, isu itu sudah tidak laku.

"Saya menyayangkan ada anggota DPR RI yang ikutan menjadi provokator terkait isu agama ini," ucap Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Terlebih, kata dia, Zulkifli Hasan sangat mengagumi dan menganggap tokoh seperti Ustaz Abdul Somad maupun Anies Baswedan sebagai mentor terkait keagamaan.

Karena itu, dia menegaskan, pernyataan yang disampaikan ayahnya Zulhas saat itu merupakan ajakan damai untuk tidak mempraktikkan politik agama. Ajakan itu disampaikan dengan bercanda.

Baca Juga: Ketua Pemuda Muhammadiyah Tanggapi Kelakar Zulhas soal Tahiyat: Perlu Beragam Sudut Pandang

Kemudian, Zita Anjani menilai pernyataan yang dilontarkan Zulhas dalam kegiatan sebagai Menteri Perdagangan itu juga wajar berlaku sebagai momennya menjadi Ketua Umum PAN.

"Wajar saja ketika di acara publik melihat beliau itu bukan hanya Mendag tapi juga sebagai Ketum PAN dan mungkin ada pertanyaan sesuai dengan kapasitasnya," katanya.

Dengan demikian, perempuan yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta itu menegaskan, tidak menjadi masalah apakah pernyataan yang disampaikan Zulhas itu dalam kapasitas sebagai siapa, lantaran poin yang disampaikan, yakni ajakan pemilu damai.

Terlebih, Zita juga mengaku tidak takut jika ada pihak yang melaporkan kasus tersebut kepada pihak berwajib.

Seperti diketahui, Zulhas sebelumnya menyampaikan candaan mengenai gerakan salat saat memberikan sambutan di acara Rakernas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) di Semarang, pada Selasa (19/12).

Baca Juga: PAN: Tidak Mungkin Seorang Zulkifli Hasan Menista Agama

Pernyataan Zulhas tersebut kemudian ramai dibicarakan di media sosial, bahkan kata kunci untuk pencarian “Zulhas” di X mencapai 29,4 ribu unggahan hingga Rabu sore kemarin.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x