Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Minta PDIP Solo Waspadai Kecurangan dalam Pemilu: Tabrak! Kita Bukan Banteng Cengeng

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 13:24 WIB
ganjar-minta-pdip-solo-waspadai-kecurangan-dalam-pemilu-tabrak-kita-bukan-banteng-cengeng
Ratusan kader DPC PDI Perjuangan atau PDIP Kota Surakarta mengikuti apel siaga di Taman Sunan Jogo Kali, Kecamatan Pucangsawit, Kota Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). (Sumber: Nino Citra Anugrahanto/Kompas.id)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

SOLO, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo, meminta kader-kader PDI Perjuangan (PDIP) selalu waspada terhadap potensi kecurangan dalam Pemilu 2024.

Hal tersebut disampaikan Ganjar ketika memimpin apel siaga kader DPC PDIP Solo di Taman Sunan Jogo Kali, Kecamatan Pucangsawit, Solo, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023).

Sebanyak 500 kader yang disebut "banteng" diperkirakan hadir dalam apel siaga tersebut. Ganjar pun meminta para kader siap siaga jelang Pemilu 2024.

”Ketika kita sudah berada pada trek yang benar, cara yang benar, maka kalau ada yang mengganggu, satgas tidak boleh ragu-ragu. Tabrak! Kita bukan banteng-banteng cengeng,” kata Ganjar, Minggu.

Baca Juga: Walikota Balikpapan Bantah Pernyataan Cak Imin Soal Jalan Rusak dan Susah Air: Salah Data

Eks gubernur Jawa Tengah itu menyebut para kader harus siap jika muncul upaya kecurangan dari kandidat lain. Ia ingin para "banteng" siaga dan bergerak cepat sesuai kapasitas masing-masing.

Kata Ganjar, para kader PDIP mesti memahami lapangan. Mata dan telinga mereka harus terus bersiaga guna menjamin tidak ada upaya-upaya kecurangan.

Bentuk perlawanan atas kecurangan itu, kata dia, bisa ditunjukkan dengan mencatat dan melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

”Jangan ganggu banteng. Kalau berani mencolek banteng, nanti bantengnya ketaton (terluka). Hati-hati bantengnya bisa mengamuk. Bantengnya bisa melawan dengan koridor-koridor kebenaran,” kata Ganjar, dikutip Kompas.id.

Selain itu, Ganjar meminta para kader PDIP turun langsung mendekati masyarakat. Hal tersebut guna meraih simpati warga dan menyempurnakan program-program pasangan Ganjar-Mahfud dari interaksi yang ada.

Jelang Pemilu 2024, Solo menjadi arena perebutan suara, terlebih antarPDIP dengan kubu Gibran Rakabuming Raka yang saat ini menjabat sebagai wali kota.

Gibran sendiri memperoleh jabatan wali kota lewat pencalonan PDIP. Tetapi kemudian menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto, rival Ganjar, dalam Pilpres 2024.

Baca Juga: Anies Sebut Jawa Tengah Bukan Kandang Satu Partai, Ganjar: Dia akan Lihat Faktanya


 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x