Kompas TV nasional rumah pemilu

Evaluasi Debat Pilpres 2024: KPU Hanya Sediakan 1 Mikrofon, Tetap Masih Ada Podium

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 22:52 WIB
evaluasi-debat-pilpres-2024-kpu-hanya-sediakan-1-mikrofon-tetap-masih-ada-podium
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengevaluasi peralatan yang disediakan dalam pelaksanaan debat Pilpres 2024. Nantinya, pada debat ketiga, para capres hanya menggunakan satu mikrofon, dari yang sebelumnya tiga. 

Anggota KPU RI August Mellaz mengatakan, pada debat ketiga nanti pihaknya tetap menyediakan podium untuk ketiga capres. 

"Pada saat rapat tadi tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dia posisinya memang seperti jangkar. Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja," kata August di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: KPU Imbau LO Capres-Cawapres Tak Ajukan Pertanyaan Singkatan Saat Debat

Mellaz menjelaskan, pihaknya akan memasang mikrofon yang terpasang di atas podium debat. 

"Kalau kami menyatakan itu pakai mic yang dipasang di podium. Tapi kenapa secara prinsip ada podium? Karena ruang geraknya memang terbatas." 

"Bukan terbatas, tapi memang podium itu jangkarnya lah. Teoritis kan tujuannya di sana. Memang didesain awalnya di situ," ujarnya.

Mellaz menambahkan, aksi cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang kerap keluar dari podium, akan menjadi evaluasi KPU.


 

"Maksud saya (aksi Gibran keluar podium) ini bagian dari evaluasi. Evaluasi ya evaluasi, dan maksudnya evaluasi itu apa? Ya pasti dalam rangka peningkatan dan perbaikan kualitas dari debat berikutnya," katanya.

KPU RI disebut akan melakukan pembicaraan lebih jauh soal isu teknis ini dengan stasiun televisi penyelenggara debat ketiga dalam rapat koordinasi besok, Kamis, 28 Desember 2023. 

Baca Juga: Tanggapi Hasil Survei Pascadebat Capres, TKN Ganjar-Mahfud: Tapikan Situasi Lapangan Sangat Jorok

Diketahui, debat ketiga dengan agenda debat capres ini akan digelar KPU RI pada 7 Januari 2024. Temanya soal pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x