Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Buka-bukaan Rencana Usai Tak Jadi Presiden, Kembali ke Solo, Jadi Rakyat Biasa Lagi

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 10:05 WIB
jokowi-buka-bukaan-rencana-usai-tak-jadi-presiden-kembali-ke-solo-jadi-rakyat-biasa-lagi
Presiden Joko Widodo mengungkapkan dirinya akan melanjutkan sebagai rakyat biasa usai tak lagi jadi Presiden RI. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

PURWOREJO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan rencananya untuk kembali ke kehidupan sehari-hari di Solo sebagai "rakyat biasa" setelah masa jabatannya sebagai Presiden Indonesia berakhir pada Oktober 2024.

Rencana ini Jokowi ungkapkan usai mengunjungi Pasar Tradisional Purworejo dalam kunjungannya ke Jawa Tengah, Selasa (2/1/2024).

Ketika ditanya oleh wartawan tentang kemungkinan menjadi Sekretaris Jenderal PBB, Presiden Jokowi menyatakan dengan senyum bahwa ia akan kembali ke Solo dan menjadi rakyat biasa.

Baca Juga: Jokowi Sidak Pasar Tradisional Purworejo, Ungkap Alasan Harga Beras Naik Drastis

"Jadi rakyat biasa, kembali ke mana? ke Solo," jawab Jokowi sebagaimana dilihat dari Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi sebelumnya telah memberikan sinyal bahwa ia akan mundur dari panggung politik setelah masa jabatannya berakhir. Ia juga mengungkapkan ketidaktertarikannya untuk menjadi Ketua Umum PDI-P, menggantikan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Jokowi Blak-blakan Usai Nanti Tak Lagi Jadi Presiden

Meskipun ada usulan dari Guntur Soekarnoputra, putra presiden pertama RI Soekarno dan kakak Megawati, untuk Jokowi mengambil alih kepemimpinan PDI-P, Jokowi menolak ide tersebut.

Beliau menyatakan bahwa ada banyak kandidat yang potensial dari generasi muda untuk posisi tersebut.

Jokowi menegaskan keinginannya untuk kembali ke Solo dan menjalani kehidupan sebagai warga biasa setelah pensiun dari jabatan presiden. Hal ini disampaikannya dalam berbagai kesempatan, termasuk seusai upacara peringatan HUT TNI di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta.

Baca Juga: Momen Presiden Jokowi Malam Tahun Baruan di Solo, Warga Heboh Minta Foto

"Jadi rakyat biasa. Kembali ke Solo jadi rakyat biasa," ulang Kepala Negara.

Adapun pada 14 Februari 2024 mendatang, masyarakat akan memberikan hak pilihnya dalam Pilpres. Indonesia akan memiliki presiden dan wakil presiden baru pada 20 Oktober 2024. Pada tanggal tersebut, presiden dan wakil presiden hasil Pemilu 2024 akan dilantik.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x