Kompas TV nasional rumah pemilu

Jubir TKN Sebut Prabowo-Gibran akan Dirikan KBRI dan Angkat Utusan Khusus di Palestina

Kompas.tv - 4 Januari 2024, 14:35 WIB
jubir-tkn-sebut-prabowo-gibran-akan-dirikan-kbri-dan-angkat-utusan-khusus-di-palestina
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto (kanan) didampingi calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka (kiri) tiba di Jakarta Convention Center (JCC) untuk mengikuti debat perdana cawapres Pemilu 2024 di Jakarta, Jumat (22/12/2023) malam. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara (jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pasangan capres-cawapres nomor urut 2 itu berkomitmen akan mendirikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan mengangkat utusan khusus di Palestina.

Menurut dia, ini sebagai salah satu bentuk komitmen Prabowo-Gibran untuk mendukung kemerdekaan Palestina. 

"Kami kira semua calon dan juga rakyat Indonesia satu suara untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Namun Prabowo Gibran punya target program khusus, yaitu memperjuangkan adanya Kedutaan Besar kita di Palestina, dan mengangkat utusan khusus untuk mendorong proses kemerdekaan Palestina. Itu ada di visi misi kita," kata Dahnil dalam keterangannya kepada Kompas TV, Kamis (4/1/2023).

Baca Juga: KPU Umumkan Lokasi Debat Ketiga di Istora Senayan, Begini Persiapan Anies, Prabowo, Ganjar

Ia menyebut, KBRI Palestina dan utusan khusus menjadi sebuah tanda Indonesia akan memperkuat diplomasi dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

"Kemerdekaan Palestina adalah amanat sejarah dan kemanusiaan bangsa Indonesia. Palestina jadi satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955, tapi sampai saat ini belum merdeka," ujarnya. 

"Jadi Prabowo Gibran akan konsisten, tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Dan memperkuat dukungan diplomasi untuk Palestina merdeka," ujarnya.

Saat ini, kata Dahnil, KBRI untuk Palestina merangkap dengan KBRI di Amman. 

Kedutaan ini tak hanya sebagai misi diplomatik Republik Indonesia untuk Kerajaan Hasyimiyah Yordania, namun juga merangkap sebagai perwakilan Indonesia untuk Palestina.

Ia menilai jika mimpi Prabowo-Gibran untuk membuka KBRI di Palestina dapat terwujud, peran Indonesia dalam membela Palestina akan menjadi jauh lebih signifikan.

Baca Juga: TKN Prabowo-Gibran Klaim Telah Laporkan Bawaslu Jakarta Pusat ke DKPP karena Tak Profesional

"Kami tentu mengetahui hal ini sulit, mengingat hari ini Palestina masih terus di invasi oleh Israel. Namun kami mohon doa restu dari masyarakat Indonesia semua," tuturnya. 

"Semoga tujuan besar Prabowo Gibran membangun KBRI untuk mendukung kemerdekaan Palestina ini bisa tercapai," katanya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x