Kompas TV nasional rumah pemilu

Senyum Anies Baswedan Saat Prabowo Subianto Sebut Tidak Berhak Bicara Etik hingga Menyesatkan

Kompas.tv - 7 Januari 2024, 23:55 WIB
senyum-anies-baswedan-saat-prabowo-subianto-sebut-tidak-berhak-bicara-etik-hingga-menyesatkan
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto memberi respons dari tanggapan pertanyaan dari Capres nomor urut 1, Anies Baswedan di segmen keempat debat ketiga untuk Capres di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suhu debat ketiga untuk Capres, Minggu (7/1/2024) malam mulai memanas saat masuk segmen ke empat. Di segmen ini secara bergiliran masing-masing Capres memberi pertanyaan. 

Suhu debat mulai meningkat saat Capres nomor urut 1, Anies Baswedan mendapat giliran bertanya kepada Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. 

Pertanyaan yang diajukan Anies adalah hubungan antara standar etika seorang pemimpin negara dengan kemampuannya dalam menjaga pertahanan, keamanan dan kedaulatan negara. 

Sebab seorang pemimpin negara harus mengandalkan nilai, bukan lagi hal teknis. Itu juga yang membedakan kepemimpinan yang kompleks dengan sederhana. 

Mendapat pertanyaan tersebut Prabowo sepakat semakin tinggi kepemimpinan semakin kompleks dan dibutuhkan pemimpin yang mengandalkan nilai. 

Baca Juga: Anies Kritik Prabowo di Sesi Tanya-Jawab Debat Ketiga: Bapak Sudah Menjabat 5 Tahun

Menurut Prabowo nilai seorang pemimpin untuk menjaga pertahanan, keamanan dan kedaulatan negara adalah cinta tanah air, kejujuran, harus memberi contoh, tidak boleh korupsi dengan bentuk apapun. 

"Saya sependapat ada kepemimpinan berdasarkan nilai, jadi hubungan dengan etik benar. Kita harus beretik dengan benar. Jujur apa yang kita itu yang di hati kita, jangan lain di mulut lain di hati dan harus cinta tanah air," ujar Prabowo saat debat Capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1), dipantau dari tayangan Live KompasTV

"Pertahanan sangat sakral karena menyangkut keselamatan. Jangan karena ambisi pribadi kita menghasut, menyesatkan, membahayakan pertahanan dan keamanan rakyat, itu etik yang tertinggi. Kasihan prajurit, polisi-polisi yang menjaga kita kalau ada calon pemimpin yang kerjanya hanya menghasut saja," sambung Prabowo. 

Menanggapi jawaban Prabowo, Anies sependapat bahwa Presiden harus punya standar etika yang amat tinggi, karena keputusan mengerahkan pasukan dan bertempur ada korban nyawa yang hilang. 

Namun Anies menilai jawaban Prabowo tidak sebanding dengan kenyataan yang terjadi di Kementerian Pertahanan. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x