Kompas TV nasional politik

Wapres Klarifikasi Pose Tiga Jari saat hadir HUT PDI-P: Itu Murni Salam Keakraban

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 10:12 WIB
wapres-klarifikasi-pose-tiga-jari-saat-hadir-hut-pdi-p-itu-murni-salam-keakraban
Wapres RI Ma’ruf Amin berfoto bersama Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, sambil menunjukkan tiga jari, Rabu (10/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma'ruf Amin dipastikan tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu pasangan Capres-Cawapres di Pemilu 2024. 

Penegasan ini disampaikan Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi usai Wapres Ma'ruf Amin ikut pose tiga jari saat berfoto bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan ketua DPP PDI-P di acara pemotongan tumpeng HUT ke-51 PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Rabu (10/1/2024).

Masduki menjelaskan pose tiga jari Wapres saat berfoto dengan petinggi PDI-P bukan sebagai bentuk dukungan ataupun sikap politik di Pilpres 2024, melainkan sebatas menghormati tuan rumah yang sedang merayakan hari ulang tahun. 

Masduki menegaskan Wapres Ma'ruf tetap konsisten mengambil posisi netral dan tidak memihak ke salah satu pasangan Capres-Cawapres, seperti yang sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. 

"Netralitas itulah yang menjadi salah satu alasan Wapres hadir dalam acara HUT PDI-P, juga HUT parpol yang lain," ujar Masduki Baidlowi dalam penjelasan tertulisnya, Rabu (10/1/2024) malam.

Baca Juga: Wapres Ingatkan PDI-P: Siapa pun yang Menang Harus Dihormati, yang Tidak Menang harus Dirangkul

Masduki menambahkan seharusnya salam metal atau salam tiga jari tidak dipersepsikan sebagai dukungan Wapres terhadap pasangan capres-cawapres tertentu. 

Apalagi salam tersebut sudah lama digunakan PDI-P dan mengandung arti warna dasar partai tersebut. 

"Salam metal atau (salam) tiga jari tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDI-P. Salam tersebut sudah lama dipakai PDI-P. Metal menunjukkan akronim merah total sebagai warna bendera partai," ujar Masduki.

Sebelumya Wapres Ma'ruf Amin menghadiri HUT Ke-51 PDI-P di Sekolah Partai PDI-P, Jalan Lenteng Agung Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024) pagi.

Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden melansir, seusai mendapatkan potongan tumpeng pertama dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Wapres Amin beserta segenap pejabat DPP PDI-P berfoto bersama dengan pose salam metal tiga jari.

Baca Juga: Ketum PDIP Megawati Sindir Soal Anggapan Presiden Dimenangkan Relawan

Pose foto salam metal Wapres Amin tersebut kemudian viral dan menjadi perbincangan publik. Hal yang dipertanyakan adalah menyangkut netralitas Wapres Amin pada Pemilu 2024 karena ini terjadi di masa kampanye. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x