Kompas TV nasional peristiwa

Profil Arsul Sani dan Hartanya, Hakim Mahkamah Konstitusi Anyar, Dilantik Jokowi Hari Ini

Kompas.tv - 18 Januari 2024, 16:10 WIB
profil-arsul-sani-dan-hartanya-hakim-mahkamah-konstitusi-anyar-dilantik-jokowi-hari-ini
Arsul Sani berbicara dalam konferensi pers usai dilantik menjadi Hakim Konstitusi, Kamis (18/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar video YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo melantik Arsul Sani sebagai Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) di Istana Kepresidenan Jakarta, hari ini Kamis (18/1/2024). 

Pelantikan dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan Wahiduddin Adams. Arsul, yang terpilih setelah memperoleh suara mayoritas dari sembilan fraksi di DPR.

"Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD negara RI 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD negara RI 1945, serta berbakti kepada nusa bangsa," ucap Arsul.

Baca Juga: Rapat dengan KPU dan Bawaslu, DPR Dalami Proses Rekapitulasi Suara Pemilu 2024

Dengan pelantikan tersebut, Arsul resmi menjadi Hakim Konstitusi menggantikan Wahiduddin Adams yang memasuki masa pensiun sejak 17 Januari 2024.

Dalam pelantikan tersebut, tampak hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mensesneg Pratikno, dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Hadir juga di Istana Negara, para hakim MK di antaranya Suhartoyo, Saldi Isra, Guntur Hamzah, Anwar Usman, Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, dan Daniel Yusmic.

Baca Juga: Kata Indra Sjafri Soal Pembangunan Training Center PSSI di IKN

Profil Arsul Sani

Arsul Sani tidak hanya dikenal sebagai politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tetapi juga memiliki jejak akademik dan bidang profesional.

Dilahirkan dari keluarga politisi, sebagaimana dilansir dari Antara, ayahnya Abdullah Fadjari yang merupakan mantan anggota DPRD Pekalongan dari PPP, Arsul menghabiskan masa kecil dan remajanya di Pekalongan, Jawa Tengah, sebelum melanjutkan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI).

Selama di UI, ia aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, termasuk menjabat sebagai Ketua Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fakultas Hukum UI pada 1985 dan menjadi editor Jurnal Hukum dan Pembangunan UI.

Baca Juga: Tanggapan Sekjen PDIP Hasto soal Isu Pemakzulan Jokowi

Karier profesional Arsul dimulai sebagai pengacara di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x