Kompas TV nasional rumah pemilu

Penyebab Videotron Anies di Bekasi Diturunkan: Vendor Langgar Kontrak, Tidak untuk Kampanye

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 10:44 WIB
penyebab-videotron-anies-di-bekasi-diturunkan-vendor-langgar-kontrak-tidak-untuk-kampanye
Lokasi videotron yang menampilkan calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan di depan Grand Metropolitan Mall (GMM), Kota Bekasi. Pada Selasa (16/1/2024), iklan kampanye Anies itu telah tiada dan hanya menampilkan informasi pemasangan iklan. (Sumber: KOMPAS.com/FIRDA JANATI)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bekasi Vidya Nurul Fathia mengungkapkan penyebab videotron iklan kampanye calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan di depan Grand Metropolitan Mall (GMM) Kota Bekasi diturunkan.

Vidya menjelaskan bahwa videotron tersebut diturunkan oleh pihak manajemen Metland karena tidak sesuai dengan isi kontrak.

“Memang murni dari manajemen Metland karena tidak sesuai dari isi perjanjian dari kontrak,” kata Vidya, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga: Bawaslu Pastikan Tidak Ada Intervensi dari Pemkot Bekasi soal Penyetopan Videotron Anies

Ia menjelaskan bahwa lima videotron yang berisi iklan kampanye Anies Baswedan berdiri di lahan milik Metland. Videotron tersebut lantas disewakan kepada pihak ketiga (vendor) atau perusahaan pengiklan.

Berdasarkan penelusuran Bawaslu Kota Bekasi, pihak manajemen Metland menyewakan videotron tersebut kepada vendor untuk produk komersial, bukan untuk iklan kampanye.

“Memang dari awal dari pihak manajemen Metland itu mengakui tidak diperuntukkan kampanye mau pun berbau unsur politik,” kata Vidya.

Untuk selanjutnya, Bawaslu Kota Bekasi akan memanggil vendor perusahaan pengiklan untuk meminta klarifikasi. Sayangnya, ia tak menjelaskan perusahaan yang dimaksud.

“Ada, nanti akan segera kami informasikan jika kami sudah melakukan penelusuran ya, penelusuran secara duduk bersama,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia juga memastikan bahwa penurunan videotron Anies Baswedan tidak ada intervensi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi.

Baca Juga: Fakta-Fakta Hilangnya Videotron Kampanye Anies di Bekasi

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, iklan kampanye Anies Baswedan melalui videotron di Bekasi diturunkan, Senin (15/1/2024). 

Menurut akun X @olpproject, iklan kampanye Anies melalui videotron itu seharusnya ditayangkan dari 15 sampai 21 Januari 2024.


"Sayangnya, kami harus mengabarkan bahwa LED Ads yang telah dijadwalkan tayang selama seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi tersebut karena suatu hal yang di luar kuasa kami," tulis akun tersebut.

Namun, dalam kurang dari 24 jam, videotron iklan kampanye Anies tersebut sudah dihapus.




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x