Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem hingga 26 Januari di 5 Provinsi Jawa

Kompas.tv - 21 Januari 2024, 11:13 WIB
waspada-potensi-cuaca-ekstrem-hingga-26-januari-di-5-provinsi-jawa
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilyah Pulau Jawa sepekan mendatang. Sejumlah provinsi disebut berpotensi mengalami hujan lebat atau sedang pada periode 20-23 Januari dan 24-26 Januari 2024. (Sumber: Antaranews)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilyah Pulau Jawa sepekan mendatang.

Sejumlah provinsi disebut berpotensi mengalami hujan lebat atau sedang pada periode 20-23 Januari dan 24-26 Januari 2024.

BMKG mengidentifikasi potensi cuaca ekstrem melalui pengamatan meningkatnya intensitas curah hujan di sekitar wilayah Jawa.

BMKG memaparkan sejumlah alasan cuaca ekstrem masih berpotensi dialami sejumlah wilayah hingga pekan depan.

Kondisi-kondisi itu antara lain menguatnya aktivitas monsun Asia yang disertai potensi dingin, sehingga bisa menimbulkan peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan sebelah selatan ekuator.

Baca Juga: Sebagian Jakarta Diprakirakan Hujan Ringan saat Debat Cawapres Nanti Malam

Selain itu, BMKG juga mendapati aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah.

Termasuk terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa bagian barat, hingga bagian tengah yang disebabkan oleh adanya sistem tekanan rendah di sekitar Australia dan di Samudra Pasifik tenggara Papua.

Berikut sejumlah provinsi di Pulau Jawa yang berpotensi mengalami hujan sedang dan lebat pada 20-23 dan 24-26 Januari 2024.

Periode 20-23 Januari 2024:

  • Banten
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Periode 24-26 Januari 2024:

  • Banten
  • DKI Jakarta
  • Jawa Barat
  • Jawa Tengah
  • Jawa Timur

Selain itu, BMKG pun memperingatkan potensi rob dan gelombang tinggi di pesisir utara Jakarta dan pesisir Laut Jawa bagian barat. 

Pihak BMKG menyatakan, terdapat potensi gelombang dengan ketinggian lebih dari 1,0 m di utara Jakarta dan gelombang 1,25-2,5m di Laut Jawa bagian barat, sebagian Perairan Kep. Seribu, dan Perairan utara Jawa Barat.

"BMKG mengimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir, dan angin kencang hingga sepekan ke depan," demikian keterangan BMKG yang dikutip pada Minggu (21/1/2024).

BMKG pun memperingatkan daerah rawan longsor atau banjir agar waspada terhadap dampak cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Baca Juga: Waspada Siklon Tropis Anggrek, BMKG: 31 Wilayah Berpotensi Alami Cuaca Ekstrem 19-20 Januari 2024



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x