Kompas TV nasional rumah pemilu

TPN: Mahfud MD Paham Betul Tema Debat Cawapres Malam Ini

Kompas.tv - 21 Januari 2024, 15:03 WIB
tpn-mahfud-md-paham-betul-tema-debat-cawapres-malam-ini
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Alexander Sonny Keraf menyebut, Mahfud amat memahami tema debat cawapres kedua Pilpres 2024 yang akan digelar pada malam ini, Minggu (21/1/2024).

Ia meyakini mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu akan mampu menjelaskan secara baik ihwal gagasannya bila terpilih di pesta demokrasi nanti. 

Tema debat malam nanti, yakni soal pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. 

“Prof Mahfud sangat siap untuk berdebat. Jangan khawatir, beliau sudah malang melintang pada isu lingkungan, isu sumber daya. Jadi, paham betul,” kata Sonny dalam keterangannya, Minggu (21/1/2024). 

Baca Juga: TKN Yakin Gibran Akan Unggul Lawan Cak Imin dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres Malam Ini

Sonny mejelaskan, reforma agraria tidak terlepas dari kepastian hukum bagi petani dalam hal kepemilikan lahan.

Reforma agraria merupakan penataan kembali susunan pemilikan, penguasaan, dan penggunaan sumber-sumber agraria untuk kepentingan rakyat, yang tujuannya menolong rakyat kecil, mewujudkan keadilan dan meniadakan atau setidaknya mengurangi ketidakmerataan.

Selain itu, kata dia, Mahfud juga menguasai persoalan yang dihadapi masyarakat adat dan desa saat ini, yaitu Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Adat yang sampai saat ini belum disahkan.

Padahal, pemerintah menjanjikan hal itu. Ia menambahkan, pengelolaan sumber daya alam sangat tergantung pada kepatuhan terhadap peraturan yang ada. 

“Jadi kuncinya adalah penegakan hukum. Ini akan menjadi kekuatan Mahfud dalam debat,” katanya.

Debat cawapres kedua akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, pada Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memutuskan 11 nama panelis dalam debat cawapres kedua Pilpres 2024. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x