Kompas TV nasional peristiwa

Siklon Tropis Anggrek Menjauh dari Indonesia, Ini Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini 24 Januari 2024

Kompas.tv - 24 Januari 2024, 07:17 WIB
siklon-tropis-anggrek-menjauh-dari-indonesia-ini-prakiraan-cuaca-bmkg-hari-ini-24-januari-2024
Ilustrasi prakiraan cuaca BMKG hari ini. (Sumber: Kompas TV/Ant/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Penulis : Dian Nita | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan Siklon Tropis Anggrek menjauh dari wilayah Indonesia.

Beberapa waktu lalu, siklon tropis ini muncul dan memberikan dampak terhadap cuaca ekstrem dan gelombang tinggi di sejumlah perairan Tanah Air.

Melansir laman BMKG, Siklon Tropis Anggrek memberikan dampak tidak langsung pada kondisi cuaca di Indonesia seperti hujan lebat dan angin kencang serta gelombang tinggi.

Pada update Rabu (24/1/2024), BMKG mengatakan Siklon Tropis Anggrek terpantau berada di Samudra Hindia, dengan kecepatan angin maksimum 45 knot dan tekanan udara minimum kisaran 996 hPa bergerak ke arah selatan - barat daya.

Baca Juga: Mahfud MD Blak-blakan Sejak Lama Ingin Mundur dari Menko Polhukam, Supaya Lebih Leluasa Buka Data

"Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Anggrek meningkat dari Kategori 1 menjadi Kategori 2 dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah Barat Daya menjauhi wilayah Indonesia dan berada di luar wilayah tanggung jawab TCWC Jakarta (berada di wilayah monitoring)," tulis BMKG melalui akun Instagram @infobmkg.

BMKG menambahkan, Siklon tropis Anggrek saat ini tidak memberikan dampak terhadap cuaca dan perairan di Indonesia.

Prakiraan Cuaca Indonesia Hari Ini

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia akan dilanda hujan ringan hingga lebat hari ini.

Secara umum, wilayah Jawa akan hujan ringan hari ini. Namun, hujan sedang diprediksi akan mengguyur wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Baca Juga: Diduga Lupa Matikan Kompor, 2 Rumah Panggung di Pinrang Sulsel Terbakar

Berikut prakiraan cuaca hujan di wilayah Indonesia pada 24 Januari 2024:

  • Sumatra: secara umum hujan ringan, namun Sumatra Selatan, Bangka-Belitung, Jambi, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Utara, Aceh berpotensi hujan sedang.
  • Jawa: secara umum hujan ringan, namun Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat berpotensi hujan sedang.
  • Bali, NTB, NTT: secara umum hujan ringan, namun Nusa Tenggara Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat berpotensi hujan sedang.
  • Kalimantan: secara umum hujan ringan, namun Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur berpotensi hujan sedang.
  • Sulawesi: secara umum hujan ringan, namun Sulawesi Tenggara, Gorontalo berpotensi hujan sedang, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah berpotensi hujan lebat.
  • Maluku dan Papua: secara umum hujan ringan, namun Maluku, Papua Barat, Maluku Utara berpotensi hujan sedang, Papua berpotensi hujan lebat.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x