Kompas TV nasional politik

Todung: Pernyataan Jokowi Presiden Boleh Memihak jadi Pintu Masuk untuk Pemakzulan

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 22:54 WIB
todung-pernyataan-jokowi-presiden-boleh-memihak-jadi-pintu-masuk-untuk-pemakzulan
Presiden Jokowi memimpin ratas mengenai perniagaan elektronik, Senin (25/9/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. (Sumber: Humas Setkab)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang menjelaskan presiden boleh kampanye dan memihak dinilai sebagai pintu masuk untuk pemakzulan. 

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis menjelaskan presiden telah disumpah untuk memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa. 

Menurut Todung, bisa saja pernyataan Presiden Jokowi soal dirinya bisa memihak dan berkampanye masuk dalam kategori perbuatan tercela atau tidak lagi memenuhi syarat sebagai presiden, sebagaimana termuat dalam Pasal 7A UUD 1945.

"Kalau Presiden tak bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku, maka bisa saja hal ini ditafsirkan sebagai perbuatan tercela. Kalau ini disimpulkan sebagai perbuatan tercela, maka ini bisa dijadikan sebagai alasan untuk pemakzulan," kata Todung, di Media Center TPN, Jakarta, Kamis (25/1/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

Ia menambahkan sejatinya Presiden Jokowi sudah tidak bisa lagi berkampanye lantaran akan mengakhiri jabatannya pada Oktober 2024 nanti. 

Baca Juga: Isu Pemakzulan Jokowi: Istana Sebut Tak Mudah, Mahfud Ungkap Prosesnya, Puan Pertanyakan Urgensi

Menurutnya Jokowi bisa saja berkampanye jika masuk sebagai calon presiden di Pilpres 2024, atau petahana yang bertarung di periode kedua. 

Namun saat ini Jokowi bakal mangakhiri masa jabatannya dan tidak bisa lagi menjadi Capres karena sudah menjabat dua periode. 

"Jadi tidak ada periode ketiga. Nah dia seharusnya menahan diri untuk berada di atas semua kontestan politik," ujar Todung.

Lebih lanjut ia menilai jika Jokowi menentukan dukungan akan banyak konflik kepentingan yang akan mengiringi langkah tersebut. 

Aparatur sipil negera dan aparat hukum, pastinya akan ikut terlibat dalam kepentingan Jokowi dalam memenangkan pihak yang didukung. 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x