Kompas TV nasional rumah pemilu

Anggota Komisi IX DPR: Tragedi Wafatnya Ratusan Petugas KPPS Jangan Terulang Lagi di Pemilu 2024

Kompas.tv - 26 Januari 2024, 11:52 WIB
anggota-komisi-ix-dpr-tragedi-wafatnya-ratusan-petugas-kpps-jangan-terulang-lagi-di-pemilu-2024
Ilustrasi pelantikan KPPS. Pelantikan anggota KPPS Pemilu 2024 dilaksanakan besok, Kamis (25/1/2024) (Sumber: kampungkb.bkkbn.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melantik secara serentak sekitar lima juta anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam persiapan Pemilu 2024, Kamis (25/1/2024).

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani meminta pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menyiapkan langkah antisipasi terhadap terjadinya kelelahan yang dapat beresiko kematian pada petugas KPPS saat hari pencoblosan berlangsung.

Politikus PKS itu mengingatkan agar pemerintah tak mengulangi kesalahan yang sama ketika Pemilu 2019, yakni ratusan petugas KPPS meninggal akibat kelelahan. 

Baca Juga: Penting! Begini Tugas Ketua dan Anggota KPPS Pemilu 2024, Beserta Masa Kerja dan Gajinya

Diketahui, total ada 894 petugas yang meninggal dunia dan 5.175 petugas mengalami sakit pada Pemilu 2019.

“Tragedi wafatnya ratusan petugas KPPS akibat kelelahan pada pemilu 2019 jangan sampai terulang lagi. Pemerintah harus lakukan antisipasi agar tidak ada lagi petugas yang kelelahan dan meninggal pada pemilu 2024,” kata Netty kepada wartawan, Jumat (26/01/2024).

Oleh sebab itu, Kemenkes dan KPU, harus aktif berkoordinasi untuk membahas antisipasi kelelahan para petugas KPPS.

“Adanya posko atau petugas kesehatan di setiap TPS, ambulans keliling dengan tim kesehatan, skrining kesehatan petugas KPPS dan lainnya harus menjadi langkah antisipasi yang dipertimbangkan sejak sekarang,” katanya.

Netty mengimbau agar Kemenkes dan KPU untuk sudah memetakan daerah-daerah yang dinilai fasilitas kesehatannya belum memadai.

“Terutama di daerah-daerah yang fasilitas kesehatannya belum merata dan lokasinya sulit dijangkau, maka ini harus menjadi perhatian serius dari pemerintah,” katanya.

Menurut Netty, petugas KPPS telah berkontribusi dalam proses pelaksanaan demokrasi di Indonesia, sehingga negara harus menjamin keselamatannya. 

"Pastikan mereka menjalankan tugas dengan aman, nyaman dan terlindungi, baik fisik mau pun mentalnya," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan lebih dari lima juta anggota KPPS akan diberdayakan untuk tugas-tugas mereka di lebih dari 800.000 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Setiap TPS akan dikelola oleh tujuh petugas KPPS, yang akan berperan penting dalam mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Pelibatan lebih dari lima juta anggota KPPS ini merupakan upaya untuk memastikan proses pemungutan suara berjalan dengan baik dan demokratis di seluruh Indonesia.

Baca Juga: KPU RI Lantik Anggota 5,7 Juta Anggota KPPS Pemilu 2024

“Pada hari ini Kamis, 25 Januari 2024 telah dilaksanakan pelantikan anggota KPPS. Jumlah orangnya adalah sebanyak 5.741.127 orang anggota KPPS yang tersebar di 820.161 TPS,” kata Hasyim, Kamis (25/1). Dia menjelaskan, pelantikan KPPS dilaksanakan tersebar di 71.000 lokasi di seluruh Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x