Kompas TV nasional politik

Mahfud MD Ingin Bertemu Langsung dengan Presiden Jokowi untuk Mundur dari Menko Polhukam

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 09:40 WIB
mahfud-md-ingin-bertemu-langsung-dengan-presiden-jokowi-untuk-mundur-dari-menko-polhukam
Menkopolhukam Mahfud MD dalam konferensi pers di kantor Kemenkopolhukam, Rabu (3/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengaku dirinya ingin bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membicarakan rencana pengunduran dirinya dari jabatan Menko Polhukam. 

Menurut dia, dahulu dirinya diangkat secara hormat oleh Presiden Jokowi, sehingga secara etika ia harus bertemu langsung dengan Kepala Negara membicarakan langkah politiknya tersebut.  

"Dulu saya diangkat dengan penuh penghormatan, dan sekarang juga harus memberitahu dengan hormat tentang langkah langkah politik saya. Itu segi etikanya ya," kata Mahfud di Cirebon seperti dikutip dari YouTube Kompas TV, Selasa (30/1/2024). 

Baca Juga: Mahfud MD Minta Jadwal Bertemu Presiden Jokowi, Bahas Mundur Jabatan sebagai Menko Polhukam?

"Saya sudah menemui Setneg Pak Pratikno untuk minta dijadwalkan dapat bertemu bapak Presiden," kata Mahfud usai kunjungan kerja di Cirebon, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, kata dia, sebagai salah satu kandidat cawapres pada Pilpres 2024, sudah sepatutnya melaporkan hal tersebut kepada pimpinan negara secara baik-baik.

"Lalu yang kedua, masalah politik, ya, saya sudah jadi cawapres, jadi harus jelas. Secara ketatanegaraan jabatan menteri itu hak prerogatif presiden, jadi saya harus datang penuh penghormatan," kata Mahfud.

Sebelumnya, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan para menteri di Kabinet Indonesia Maju tetap bekerja, tanpa terpengaruh dengan informasi pengunduran diri sejumlah menteri.

Ari menjelaskan sejauh ini hanya satu menteri yang menyatakan ingin mundur dari kabinet Indonesia Maju. 

Namun hal ini belum terkonfirmasi lantaran Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) belum menerima surat pengunduran diri. 


 

Menteri yang ingin mundur itu merujuk kepada Menkopolhukam Mahfud MD, yang belakangan berencana mengundurkan diri dari kabinet di tengah posisinya sebagai Cawapres nomor urut 3. 

Baca Juga: Menko Polhukam Mahfud Ungkap Telah Temui Mensesneg Pratikno, Minta Dijadwalkan Bertemu Jokowi?

"Tidak ada kabar apapun (menteri-menteri) untuk mundur. Kecuali yang disampaikan Pak Mahfud dalam berbagai wacana ya. Tapi menteri yang lain tetap bekerja seperti biasa," ujar Ari di Gedung Kemensetneg, Jakarta, Selasa (30/1/2024), dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x