Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca Hari Ini 4 Februari 2024, Mayoritas Wilayah Indonesia Diguyur Hujan

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 08:23 WIB
prakiraan-cuaca-hari-ini-4-februari-2024-mayoritas-wilayah-indonesia-diguyur-hujan
Awan mendung di atas Kota Yogyakarta, Rabu (17/11/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan mayoritas wilayah di Indonesia diperkirakan diguyur hujan pada hari ini, Minggu (4/2/2024). (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Mayoritas wilayah di Indonesia diperkirakan diguyur hujan pada hari ini, Minggu (4/2/2024). Hal tersebut berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan mengguyur sejumlah wilayah seperti Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Serang, Yogyakarta, Palangka Raya, Mataram, Kendari, Ambon, dan Manokwari.

Sementara itu, hujan berintensitas sedang diprakirakan mengguyur Semarang,  Surabaya, dan Makassar.

Baca Juga: BPBD: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem di Kota Tangerang hingga 5 Februari 2024

Hujan disertai petir diprakirakan terjadi di Bandung, Banjarmasin, Kupang dan Samarinda. BMKG pun memperingatkan masyarakat Samarinda, Kalimantan Timur karena hujan petir berpotensi terjadi sepanjang hari.

Wilayah DKI Jakarta diprakirakan mengalami cuaca berawan pada Minggu (4/2). Cuaca berawan juga diprakirakan terjadi di Padang, Tanjung Pinang, Pontianak, Denpasar, Mamuju, dan Ternate.

Sedangkan cuaca cerah berawan diprakirakan meliputi Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bengkulu, Palembang, Gorontalo, Manado, dan Jayapura.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sendiri mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga akan potensi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih potensial di sebagian besar wilayah Indonesia pada bulan Februari 2024.

"Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan di Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," katanya.

Dwikorita pun memperingatkan masyarakat di wilayah dataran tinggi atau rawan longsor dan banjir akan potensi cuaca ekstrem. 

Baca Juga: Kata Mereka soal Debat Cawapres: Kandidat Belum Menunjukkan Pemahaman Terhadap Isu Krisis Iklim


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x