Kompas TV nasional rumah pemilu

Buka Debat Terakhir Capres Ketua KPU Kutip Ayat Al Qur'an Tentang Kekuasaan

Kompas.tv - 4 Februari 2024, 19:56 WIB
buka-debat-terakhir-capres-ketua-kpu-kutip-ayat-al-qur-an-tentang-kekuasaan
Ketua KPU Hasyim Asyari saat membuka debat terakhir capres 2024 di JCC, Minggu (4/2/2024) malam. (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengutip ayat di Al Qur'an tentang kekuasan dalam pembukaan acara debat terakhir Capres di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam

Ayat Al Qur'an yang dikutip yakni Surat Sad ayat 35. Hasyim menjelaskan inti surat tersebut yakni mengingatkan kepada umat sebelum berkuasa dan memimpin negeri harus diawali dengan mohon ampunan kepada Sang Pencipta. 

"Supaya dalam memimpin dimulai dari hati yang bersih, niat yang iklas dan tulus hanya dalam rangka mencari rida dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Hasyim saat membuka acara debat terakhir capres, Minggu (4/2), dipantau dari tayangan Live KompasTV

Lebih lanjut Hasyim mengingatkan massa kampanye tinggal 10 hari lagi, setelah itu masyarakat akan menentukan pilihannya pada 14 Februari 2024. 

Ia menyatakan siapapun pemimpin yang terpilih nanti dan para wakil rakyat yang terpilih mampu mengemban amanat yang diberikan. 

Baca Juga: Momen Prabowo dan Mahfud Saling Beri Pelukan Jelang Debat Kelima Capres Mulai

"Bagi siapapun yang diberikan amanat, mohon tidak disia-siakan amanat ini melalui Pemilu," ujarnya 

Adapun debat terakhir Capres ini mengangkat tema kesejahteraan sosial serta pembangunan sumber daya manusia dan inklusi. 

Ada enam subtema yang diperdebatkan, meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Durasi debat masih sama seperti empat debat sebelumnya yakni 120 menit yang dibagi menjadi enam segmen.

Di segmen penutupan debat, saat masing-masing Capres menyampaikan pernyataan penutup atau closing statement KPU memperpanjang waktu dari sebelumnya 2 menit menjadi 4 menit. 

Baca Juga: Momen Akrab Anies, Prabowo, dan Ganjar di Jelang Debat Terakhir Dimulai

Waktu 4 menit dalam closing statement sama saat Capres menyampaikan visi, misi dan program di segmen pertama atau pembukaan debat.


 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x