Kompas TV nasional rumah pemilu

Prabowo-Gibran Unggul di Hasil Quick Count, Cak Imin Minta Relawan Tetap Kawal Suara di TPS

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 20:53 WIB
prabowo-gibran-unggul-di-hasil-quick-count-cak-imin-minta-relawan-tetap-kawal-suara-di-tps
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, berbicara dengan wartawan di kediamannya menjelang pencoblosan Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024) pagi. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin meminta relawan, pendukung AMIN, dan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengawal suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Hal ini disampaikan melalui akun X @cakimiNOW, Rabu (14/2/2024). Ia meminta seluruh relawan dan pendukung untuk menunggu hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kepada seluruh relawan, pendukung AMIN dan juga kader PKB. Tetap kawal suara di TPS, sampai pengumuman resmi KPU selesai,” ucap Imin, Rabu.

Baca Juga: Prabowo Unggul di Quick Count, Media Asing Sorot Legasi Jokowi dan Tautan Orde Baru

Ia juga meminta semua pihak untuk menghormati suara rakyat dan menyinggung soal kecurangan dan manipulasi penghitungan suara dalam Pemilu 2024.

“Kita hormati suara rakyat dengan memastikan tidak adanya kecurangan dan manipulasi penghitungan suara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud, Arsyad Rasyid menyatakan, pihaknya meluncurkan investigasi Pilpres 2024 karena menilai adanya kecurangan.

"Kami juga bersamaan dengan itu mendapatkan informasi bahwa banyak sekali temuan bahwa proses Pilpres 2024 dinodai berbagai kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan juga masif yang sedang kami lakukan investigasi juga," kata Arsyad di Posko Pemenangan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (14/2/2024).

"Lalu tim hukum daripada tim TPN Ganjar masuk juga terus melakukan investigasi, ini sedang on going (berlangsung)," lanjutnya.

Saat ini, pihaknya tengah mengumpulkan informasi mengenai kejadian-kejadian di lapangan terkait tuduhan tersebut.

Baca Juga: Prabowo Pidato Sambut Hasil Hitung Cepat, Ajak Lupakan Kata Kasar dan Hindari Perpecahan

Sebagai informasi, hasil quick count Litbang Kompas, per 20.37 WIB, sudah ada 84,8 persen data suara yang masuk.

Anies-Muhaimin mendapatkan 25,09 persen, Prabowo-Gibran mendapatkan 58,84 persen, dan Ganjar-Mahfud mendapatkan 16,07 persen.

Hasil hitung cepat Litbang Kompas ini bukanlah hasil resmi pemilu. Hasil resmi Pemilu 2024 tetap menunggu perhitungan suara secara manual dari Komisi Pemilihan Umum.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x