Kompas TV nasional rumah pemilu

Tim Ganjar-Mahfud Bakal Bongkar Kecurangan Pemilu 2024 Melibatkan Kekuasaan: Ini akan Jadi Ledakan

Kompas.tv - 20 Februari 2024, 12:50 WIB
tim-ganjar-mahfud-bakal-bongkar-kecurangan-pemilu-2024-melibatkan-kekuasaan-ini-akan-jadi-ledakan
Massa penolak hasil Pemilu 2024 melakukan aksi demonstrasi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (19/2/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan Ganjar Pranowo-Mahfud MD bakal membongkar kecurangan Pemilu 2024 yang diduga dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) dengan melibatkan campur tangan kekuasaan. 

Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Benny Ramdhani mengatakan, tim khusus yang dibentuk telah mengantongi fakta-fakta kecurangan di lapangan. 

Menurut dia, pada saatnya nanti, tim hukum tersebut akan membongkarnya ke publik di hadapan majelis sidang Mahkamah Konstitusi atau MK.

Baca Juga: Yusril Akan Pimpin Tim Hukum Prabowo-Gibran untuk Hadapi Gugatan Pelanggaran Pemilu di MK

Menurut politikus Partai Hanura itu, bukti kecurangan yang akan dibongkar oleh Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan Ganjar-Mahfud akan memberikan ‘ledakan besar’.

”Semua itu akan menjadi fakta-fakta di persidangan MK. Jadi, ini bukan hanya kejutan. Ini akan menjadi 'ledakan' dalam persidangan MK bagaimana sebuah kejahatan demokrasi benar-benar bisa dibuktikan,” kata Benny di Jakarta pada Senin (19/2/2024).

Ia pun mencontohkan kecurangan-kecurangan yang terjadi dalam Pemilu 2024 misalnya, ada the invisible hand kekuasaan yang dikapitalisasi untuk memenangkan salah satu pasangan calon atau paslon. 

Kekuasaan itu, kata dia, bergerak secara masif di lapangan untuk mengintimidasi para kepala desa dan kepala daerah yang tidak memilih salah satu pasangan capres-cawapres peserta pemilu. 

Benny menambahkan, pihaknya pun sudah mengantongi bukti pengakuan mereka yang mendapat ancaman tersebut.

Baca Juga: Data Hitung Cepat Pemilu 2024 Litbang Kompas Capai 100 Persen, Ini Persentase Suara Capres-Cawapres

"Bagaimana bisa rakyat mengalami intimidasi? Bagaimana bisa kepala desa diancam? Jika tidak mendukung pasangan tertentu maka dia akan diperkarakan terkait pengelolaan anggaran dana desa," ucap Benny.

Sementara itu, Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud, Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya akan melawan berbagai kecurangan Pemilu 2024, baik melalui jalur hukum maupun politik.

Tim khusus yang sudah dibentuk tersebut, kata dia, sudah langsung bekerja di bawah arahan para ketua umum dan sekretaris jenderal partai politik pengusung Ganjar-Mahfud. Tim juga bergerak di bawah koordinasi Ganjar-Mahfud.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x