Kompas TV nasional politik

AHY Jadi Menteri, Andi Mallarangeng Singgung Partai Koalisi Rasa Oposisi: Pak Jokowi Butuh Teman

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 16:04 WIB
ahy-jadi-menteri-andi-mallarangeng-singgung-partai-koalisi-rasa-oposisi-pak-jokowi-butuh-teman
Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY didampingi istri, Annisa Pohan, memberikan keterangan kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (21/2/2024). (Sumber: ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Politikus Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, menduga Presiden Joko Widodo (Jokowi) memasukkan partainya ke dalam kabinet pada akhir masa jabatannya karena butuh mitra yang "konsisten."

Hal itu disampaikan Andi setelah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ditunjuk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Mengenai alasan penunjukan AHY sebagai menteri, Andi mengatakan perlu ditanyakan kepada Jokowi.

Dia menilai partainya dibutuhkan pemerintahan Jokowi saat ini. Pasalnya, kata eks Menteri Pemuda dan Olahraga itu, ada partai anggota koalisi yang terasa seperti oposisi.

”Mungkin karena itu Presiden Jokowi membutuhkan teman yang bisa dipegang, konsisten. Dan, kami, Partai Demokrat selalu konsisten. Itu ajaran dari Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) kepada kami semua,” kata Andi, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga: KPU Respons Penolakan PDIP terkait Penghitungan Sirekap: Akan Dibahas di Forum Rapat Pleno

AHY resmi bertugas sebagai Menteri ATR/BPN sejak dilantik di Istana Negara, Jakarta pada Rabu siang ini.

Andi mengatakan AHY akan melanjutkan program kerja di Kementerian ATR/BPN jelang berakhirnya pemerintahan Jokowi pada Oktober 2024.

”Jadi, AHY akan memastikan semua program kerja di Kementerian ATR/BPN berjalan lancar dan kalau perlu dipercepat. Itu membutuhkan leadership dan manajemen. Ini yang dibawa Mas AHY ke Kementerian ATR/BPN,” kata Andi, dikutip Kompas.id.

Sebelumnya, Jokowi menilai AHY siap mengemban tugas sebagai Menteri ATR/BPN. Menurutnya, latar belakang pendidikan putra SBY itu membuatnya tidak ragu memberikan jabatan manajerial.

“Jadi, pertama, ini urusan yang berkaitan dengan menteri ATR/BPN, Mas Agus Harimurti Yudhoyono. Saya tahu beliau Ketua Umum Partai Demokrat, beliau juga alumni Akademi Militer, juga pendidikan di Nanyang University, di Harvard University, dan di Webster University,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Rabu.

“Saya kira saya tidak ragu memberikan tempat untuk Kementerian ATR/BPN karena ini urusan manajemen. Saya kira beliau akan sangat siap,” lanjut Jokowi.

Baca Juga: AHY Cerita Ditawari Jadi Menteri ATR/BPN Presiden Jokowi Selasa, Rabunya Langsung Dilantik


 




Sumber : Kompas TV, Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x