Kompas TV nasional politik

Mengaku Dipanggil Khusus, Moeldoko Beberkan Pesan Jokowi Menjelang Akhir Masa Jabatan

Kompas.tv - 29 Februari 2024, 21:55 WIB
mengaku-dipanggil-khusus-moeldoko-beberkan-pesan-jokowi-menjelang-akhir-masa-jabatan
Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, dalam Program ROSI, Kompas TV, Kamis (29/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, membeberkan pesan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada dirinya dalam mengahadapi delapan bulan masa transisi pemerintahan.

Moeldoko menyampaikan hal itu dalam wawancara di Program ROSI, Kompas TV, yang ditayangkan Kamis (29/2/2024) malam.

Menurutnya, Jokowi bahkan memanggilnya secara khusus saat menyampaikan pesan tersebut.

“Presiden juga memanggil khusus ke saya, ‘Pak Moeldoko, supaya dikawal dengan ketat tentang capaian proyek-proyek nasional strategis’,” kata Moeldoko menirukan pesan Jokowi.

Hal itu, kata Moeldoko, agar tahu pasti jumlah proyek strategis yang sudah selesai, berapa yang masih dalam proses, dan apakah ada yang melewati tahun 2024.

Baca Juga: Tanggapan Ahli Gizi soal Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

“Semuanya kita mapping dengan baik dan pada akhirnya kita bisa memastikan bahwa semua janji-janji presiden itu bisa terpenuhi pada akhir pemerintahan nanti.”

Dalam wawancara tersebut, Moeldoko juga menjelaskan bahwa Jokowi selalu mengingatkan seluruh jajaran kabinet bahwa masa pemerintahannya tinggal sedikit.

“Presiden selalu memerintahkan kepada seluruh jajaran kabinet, ‘waktu kita tersisa sedikit’, untuk itu efektivitas dari pemerintahan harus terjaga dengan capaian-capaian seperti apa yang diinginkan oleh target pemerintah, baik itu dalam RKP, RPJP, RPJMN, dan seterusnya, termasuk juga janji-janji presiden,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Moeldoko, juga telah menginventarisir janji-janji yang disampaikan oleh Jokowi saat berkampanye pada Pilpres 2019, dan menemukan sekitar 56 janji terkait proyek strategis.

Baca Juga: Idrus Marham Tanggapi Isu Jokowi Gabung Golkar: Ini Partai Bukan Milik Keluarga, Bebas Saja

“Janji-janji yang waktu itu disampaikan oleh beliau pada waktu campaign dan kita inventarisasi, akhirnya KSP menentukan ada kurang lebih 56 janji presiden yang berkaitan dengan proyek strategis nasional, nah itu kita kawal semuanya.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x