Kompas TV nasional peristiwa

Juli 2024 ASN Mulai Digeser ke IKN, Jokowi Targetkan Pembangunan 47 Tower Hunian Selesai November

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 22:00 WIB
juli-2024-asn-mulai-digeser-ke-ikn-jokowi-targetkan-pembangunan-47-tower-hunian-selesai-november
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi keterangan usai meninjau langsung hunian Apratur Sipil Negera (ASN) dan untuk personel pertahanan dan keamanan (Hankam) TNI-Polri di kawasan Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/2/2024). (Sumber: YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung hunian untuk Aparatur Sipil Negera (ASN) dan personel pertahanan dan keamanan (hankam) TNI-Polri di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (1/3/2024).

Presiden Jokowi menjelaskan, total keseluruhan tower hunian berjumlah 47 tower. Pembangunan 47 tower hunian itu ditargetkan akan selesai pada akhir November 2024.

Rinciannya sebanyak 12 tower hunian dijadwalkan selesai pada Juli, diikuti 21 tower tambahan pada September, dan 14 tower lagi pada November. 

"Berarti 47 selesai kira-kira di akhir November," ujar Jokowi, Jumat, seperti dilansir kanal YouTube Sekretariat Presiden. 

Presiden Jokowi juga memastikan pembangunan hunian ASN berjalan sesuai jadwal. Dengan begitu, pergeseran ASN ke IKN Nusantara akan dilakukan mulai Juli 2024.

Baca Juga: Jokowi Targetkan ASN dan TNI-Polri ke IKN Bisa Dimulai Juli 2024

"Pergeseran ASN ke sini, personel hankam ke sini itu sudah bisa dimulai Juli. Pelan-pelan ini memang kerja jangka panjang tapi harus dimulai. Dan hari ini kita sudah topping off, menunjukkan bahwa gedung sudah jadi. Sudah setengah jadi," ujar Jokowi.

Ikut Pindah Kantor

Presiden Jokowi juga menyatakan akan mulai berkantor di IKN setelah bandara dan jalan tol terbangun. 

Jokowi memaparkan, jika infrastruktur bandara dan jalan tol telah selesai dibangun, waktu tempuh dari Bandara Nusantara ke IKN hanya 15 menit.

Baca Juga: IKN Tertangkap Kamera Satelit NASA, Terlihat Pembangunan Pesat dan Disebut Kelahiran Kota Hutan Baru

Pembangunan jalan tol juga akan mempersingkat waktu tempuh dari Kota Balikpapan ke IKN dari semula sekitar dua jam menjadi sekitar 45 menit.

Nantinya tidak hanya Jokowi yang akan berkantor di IKN, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga diagendakan akan berkantor mulai Juli 2024. 

"Pak Basuki Juli, saya nunggu bandara dan jalan tolnya jadi. Kalau airport-nya jadi, jalan tol jadi (berkantor di sini)," ujar Jokowi di sela peresmian pembangunan sejumlah infrastruktur klaster keuangan di kawasan IKN, Kamis (29/2/2024).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x