Kompas TV nasional politik

Sufmi Dasco Sebut Seluruh Fraksi di DPR Sepakat Gubernur Jakarta Dipilih Melalui Pilkada

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 11:59 WIB
sufmi-dasco-sebut-seluruh-fraksi-di-dpr-sepakat-gubernur-jakarta-dipilih-melalui-pilkada
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (4/12/2023). (Sumber: Nicholas Ryan Aditya/Kompas.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Seluruh partai politik di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI sepakat bahwa pemilihan Gubernur DKI Jakarta akan dilakukan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Pernyataan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR, Selasa (5/3/2024).

”Ya, kan, kita sudah sepakat dengan pemerintah. Bukan hanya Gerindra, seluruh parpol sudah sepakat dengan pemerintah sebelum reses bahwa untuk pemimpin DKJ itu dipilih melalui pilkada,” ujar Ketua Harian Partai Gerindra itu, dikutip Kompas.id.

Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) pun mulai dibahas DPR saat memasuki Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024.

Pasal kontroversial yang mengatur bahwa Gubernur Jakarta bakal ditunjuk oleh Presiden disebut masih bisa diubah.

Baca Juga: Ada Potensi Cawe-Cawe Presiden di Pilkada Jakarta, Mahfud Minta Masyarakat Kawal RUU DKJ

Sufmi Dasco Ahmad saat memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (5/3/2024), menjelaskan, pimpinan DPR telah menerima surat presiden (surpres) mengenai persetujuan pembahasan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ).

Presiden menugaskan lima menteri untuk membahas RUU tersebut bersama DPR.

Kelimanya adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly.

Pimpinan DPR pun telah menugaskan Badan Legislasi (Baleg) DPR membahas RUU terebut bersama pemerintah.




Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x