Kompas TV nasional peristiwa

Batik Air Bebas Tugaskan Pilot yang Tertidur saat Bertugas

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 21:04 WIB
batik-air-bebas-tugaskan-pilot-yang-tertidur-saat-bertugas
Pesawat Batik Air. (Sumber: danang.mandala@batikair.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Batik Air telah mengambil langkah tegas dengan menonaktifkan sementara pilot yang bertugas dalam penerbangan nomor ID-6723 dari Kendari ke Jakarta pada tanggal 25 Januari 2024, karena pilot tersebut tertidur saat sedang menerbangkan pesawat.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro menyatakan bahwa tindakan preventif tersebut diambil pada tanggal 26 Januari 2024 sebagai upaya serius perusahaan dalam memastikan aspek keselamatan penerbangan. Batik Air menjalankan investigasi menyeluruh terkait insiden tersebut.

“Pada 26 Januari 2024, Batik Air mengambil tindakan preventif dengan menonaktifkan (membebastugaskan) sementara pilot penerbangan nomor ID-6723, rute Kendari ke Jakarta yang bertugas pada 25 Januari 2024,” kata Danang Mandala Prihantoro di Jakarta, Sabtu.

Danang menegaskan bahwa Batik Air telah menerapkan kebijakan istirahat yang memadai dan mengingatkan kembali pentingnya waktu istirahat bagi awak pesawat untuk memastikan kondisi prima sebelum menjalankan tugas terbang. Perusahaan juga berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan regulator dan pihak-pihak terkait dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan.

Batik Air akan menerapkan rekomendasi keselamatan yang diberikan oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) setelah insiden tersebut.

Program pembinaan dan prosedur keselamatan operasional penerbangan untuk semua awak pesawat akan diperkuat sebagai bagian dari upaya tersebut.

“Batik Air berkomitmen untuk selalu berkoordinasi dengan regulator, awak pesawat dan pihak-pihak terkait (berwenang) lainnya dalam meningkatkan standar keselamatan penerbangan,” ujar dia.

“Sebagai bagian dari upaya tersebut, Batik Air memperkuat program pembinaan dan meningkatkan prosedur keselamatan operasional penerbangan terhadap semua awak pesawat,” tambahnya, dikutip dari Antara.


Sebelumnya, pilot dan kopilot Batik Air Indonesia dengan rute penerbangan Kendari-Jakarta tertidur selama 28 menit hingga menyebabkan pesawat keluar jalur.

Ini merupakan laporan hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terhadap penerbangan Batik Air pada 25 Januari 2024 lalu.

Baca Juga: Ramai Pilot Batik Air Tertidur Saat Terbang Kendari-Jakarta, Bolehkan Pilot Tidur Saat Mengudara?

Saat itu, pesawat sempat hilang kontak dan keluar jalur. Kedua pilot yang menerbangkan pesawat mengaku mengalami masalah radio hingga tak dapat merespons petugas lalu lintas udara.

Setelah ditelusuri, kedua pilot tertidur selama 28 menit dalam penerbangan Kendari-Jakarta tersebut.



Sumber : Kompas TV, Antara, Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x