Kompas TV nasional humaniora

Rekrutmen ASN 2024, Pemerintah Siapkan Formasi CPNS untuk Fresh Graduate dan IKN

Kompas.tv - 15 Maret 2024, 07:00 WIB
rekrutmen-asn-2024-pemerintah-siapkan-formasi-cpns-untuk-fresh-graduate-dan-ikn
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa pemerintah akan menyiapkan formasi CPNS untuk fresh graduate dan Ibu Kota Nusantara (IKN). (Sumber: menpan.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, menyampaikan bahwa pemerintah akan menyiapkan formasi CPNS untuk fresh graduate dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Nantinya, fresh graduate yang memiliki kemampuan digital menjadi salah satu sasaran SDM yang akan direkrut pada seleksi CASN 2024.

Saat ini, Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebanyak 1,38 juta. Formasi sebanyak 1,28 juta pun telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap. 

ASN yang dimaksud terbagi menjadi dua kategori, yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dapat dilamar oleh fresh graduate; dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ditujukan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Harian Kerja (THK-2) yang telah terdaftar dalam basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Pada tahun ini pemerintah membuka ruang untuk fresh graduate yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya. Tentu pemerintah juga tetap berkomitmen menuntaskan penataan teman-teman honorer,” kata Anas di sela-sela Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan ASN Tahun 2024, Kamis (14/3/2024).

Anas mengungkapkan bahwa pemerintah sedang menyiapkan ASN yang berbakat di bidang digital dari kalangan fresh graduate. Mereka diharapkan akan menjadi akselerator dalam proses birokrasi dan pelayanan publik. 

Kebijakan rekrutmen ASN berbakat di bidang digital tersebut dirancang untuk berdampak pada percepatan ekonomi lokal dan nasional, dengan mengawali digitalisasi sektor-sektor seperti pertanian, industri, pariwisata, produksi UMKM, perdagangan, dan lain sebagainya.

“Sehingga talenta digital yang akan direkrut bukan hanya pada sektor 'hilir', seperti digital marketing, tetapi juga di sektor 'hulu' di lini produksi, seperti pertanian dengan e-farming untuk melipatgandakan nilai tambah ekonomi lokal dan nasional,” terangnya.

Baca Juga: Seleksi CPNS 2024 bagi Lulusan SMA, Ini Daftar Instansi Pusat yang Buka Lowongan Formasi



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x