Kompas TV nasional peristiwa

Panglima TNI Sambut Kepulangan 214 Awak KRI Radjiman yang Kirim Bantuan untuk Gaza

Kompas.tv - 16 Maret 2024, 01:30 WIB
panglima-tni-sambut-kepulangan-214-awak-kri-radjiman-yang-kirim-bantuan-untuk-gaza
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Jumat (15/3/2024) memeriksa kesiapan prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Muhibah/Port Visit ke Mesir Tahun 2024 yang mengantarkan bantuan ke Mesir untuk rakyat Palestina di Gaza. (Sumber: ANTARA/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyambut kepulangan 214 prajurit TNI AL yang menjadi awak KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang mengantarkan bantuan ke Mesir untuk rakyat Palestina yang menjadi korban serangan Israel di Gaza, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

KRI dr. Radjiman (KRI RJW-992) telah melakukan pelayaran selama 50 hari dari Dermaga Kolinlamil, Jakarta, menuju Pelabuhan El Arish, Mesir, kemudian kembali ke Jakarta via Jeddah, Arab Saudi.

KRI dr. Radjiman mengantarkan paket bantuan seberat 242,6 ton untuk rakyat Palestina di Gaza.

“Atas nama bangsa dan negara, saya mengucapkan selamat datang di Tanah Air kepada KRI RJW-992 beserta 214 personel yang terlibat dalam misi kemanusiaan ini,” kata Panglima TNI dalam upacara penyambutan, Jumat, dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan itu, Panglima mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI AL yang bertugas dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Muhibah/Port Visit ke Mesir Tahun 2024.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan hidayahnya kepada kita semua dalam melanjutkan tugas pengabdian dan kejayaan NKRI yang sangat kita cintai ini,” ucap Agus.

Operasi pengiriman bantuan ke Mesir dipimpin oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Muhibah/Port Visit ke Mesir Tahun 2024 Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji. 

Baca Juga: Respons Panglima TNI soal Jabatan ASN Bisa Diisi Prajurit TNI dan Personel Polri

Sebagai informasi, Sumarji saat ini masih aktif bertugas sebagai Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada III.

KRI Radjiman berlayar sejak 18 Januari 2024 dari Jakarta menempuh jarak total sejauh 10.983 Nautical mile (Nm). Kapal bantu rumah sakit TNI AL itu kemudian tiba di Pelabuhan El Arish, Mesir, pada 13 Februari 2024.

Di El Arish, pihak berwenang Mesir menetapkan waktu selama empat hari bagi KRI Radjiman untuk menurunkan bantuan dari kapal ke dermaga.

Bantuan tersebut kemudian dipersiapkan dan segera diangkut menggunakan truk untuk disalurkan ke Rafah, wilayah di Gaza yang berbatasan dengan Mesir. 

Sesuai dengan ketentuan pihak berwenang Mesir, bantuan tersebut diangkut dari Pelabuhan El Arish ke Rafah oleh Bulan Sabit Merah Mesir.

Pelabuhan El Arish merupakan lokasi pusat penerimaan bantuan dari berbagai negara untuk korban serangan Israel di Gaza.

Dari total 242,6 ton bantuan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Palestina, komposisinya mencakup pampers (532 karung), pakaian anak-anak (600 karung), pakaian dewasa (700 karung dan 500 boks).

Kemudian susu (800 kardus), biskuit (650 dus), air mineral galon (1.254 galon), air mineral kardus (1.700 kardus), obat-obatan (460 kardus), selimut (450 karung), jaket (450 karung), dan mi instan (470 kardus). 

Jika dikelompokkan berdasarkan wadahnya, totalnya mencapai 4.080 kardus, 2.732 karung, 500 boks, dan 1.254 galon. 

Baca Juga: Mengenal KRI dr Soeharso, Kapal Rumah Sakit Milik TNI AL


 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x