Kompas TV nasional peristiwa

Kepala Otorita Sebut akan Uji Coba Mobil Terbang dan Angkutan Umum Tanpa Sopir di IKN

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 20:14 WIB
kepala-otorita-sebut-akan-uji-coba-mobil-terbang-dan-angkutan-umum-tanpa-sopir-di-ikn
Foto ilustrasi. Hyundai Motor Company meresmikan Hyundai Mobility Exhibition Center atau pusat pameran di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Jelang uji coba mobil terbang di IKN tahun 2024. (Sumber: Kompas.com/Dio Dananjaya)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara atau IKN Bambang Susantono mengatakan akan ada mobil terbang dan angkutan umum publik yang bisa berjalan tanpa pengemudi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Namun demikian, Bambang Susantono menyebut bahwa pihaknya akan terlebih dahulu melakukan uji coba mobil terbang tersebut.

“Jadi, transport itu nanti Insya Allah kita melakukan provoke konsep. Provoke konsep itu istilahnya adalah uji coba,” kata Bambang sdi Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (18/3/2024).

Baca Juga: Lahan IKN Bisa Dibeli Investor, Menteri PUPR Basuki: Tanahnya Dijual, Harga Ditetapkan Otorita IKN

“Cocok enggak sih teknologinya sama kondisi kita di lapangan. Itu untuk yang angkutan umum publik yang tidak memiliki driver, tanpa awak, satu. Kemudian, juga yang mobil terbang.”

Selain mobil terbang dan angkutan publik, Bambang juga menyebut akan ada tiang listrik yang menggunakan teknologi, sehingga bisa memberikan informasi di IKN Nusantara.

Ia menuturkan, tiang listrik tersebut akan menjadi tempat informasi bagi orang-orang yang hendak bertanya.

"Di samping itu, juga ada beberapa provoke konsep untuk misalnya bagaimana tiang-tiang listrik itu nanti berfungsi juga sebagai tempat-tempat informasi, misalnya gitu ya," ujarnya, dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta Tanah IKN Dijual ke Investor, Men-PUPR: Harga Ditetapkan Otorita IKN

Bambang mencontohkan, misalnya jika ada seseorang yang hendak bertanya mengenai rute menuju kafe di IKN, maka tiang listrik itu akan memberikan informasi.

Menurut dia, fasilitas-fasilitas tersebut sebagai wujud IKN yang mengedepankan konsep smart city.

"Jadi ada tiang, tiba-tiba kita mau tanya, ‘ini kalau saya mau ke kafe ini lewat mana?’ Dia bisa jawab. Itu contoh fitur-fitur smart dan itu kita uji cobakan," ungkap Bambang.

Baca Juga: Soal Penjualan Lahan di IKN, Ombudsman: Jangan Sampai Rugikan Warga Lokal dan Tanah Adat


 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x