Kompas TV nasional politik

Saat Masinton dan Adian PDIP Temui Massa Demo di DPR, Ikut Orasi dan Undang Diskusi di Dalam Gedung

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 20:08 WIB
saat-masinton-dan-adian-pdip-temui-massa-demo-di-dpr-ikut-orasi-dan-undang-diskusi-di-dalam-gedung
Anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu (ketiga dari kiri) saat menyampaikan orasi di hadapan massa demo yang mendukung usulan hak angket di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu dan Adian Napitupulu menemui massa aksi demo yang mendukung usulan hak angket untuk mengusut dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024, di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2024).

Kedua politikus tersebut turut berorasi secara bergantian di atas mobil komando.

"Hari ini kita tidak bicara siapa-siapa pun. Tapi kita hari ini membicarakan tentang masa depan reformasi dan demokrasi kita yang telah dinolkan oleh mereka yang memegang kekuasaan hari ini," kata Masinton saat berorasi di atas mobil komando.

"Kita masih ingat bagaimana Orde Baru dulu menjadikan pemilu sebagai ajang untuk legitimasi kekuasaan yang menindas rakyat, dan hari ini kita mengalami situasi yang sama," sambungnya.

Masinton menyebut aksi demontrasi hari ini merupakan bagian dari perjuangan politik rakyat. Sementara perjuangan hukumnya, lanjut dia, akan diupayakan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Lebih lanjut, Masinton kembali menegaskan, aksi demo hari ini tidak berbicara terkait pasangan calon nomor (paslon) nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar maupun paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Tapi bicara tentang perjuangan masa depan demokrasi kita. Demokrasi kita dinolkan oleh kehendak kekuasaan yang zalim, kekuasaan yang merampas hak rakyat, kekuasaan yang antidemokrasi," tegasnya.

Baca Juga: Total 3.355 Personel Gabungan Diterjunkan Kawal Demo di DPR dan KPU Hari Ini

Setelah Masinton, giliran Adian yang berbicara di depan massa demo.

Di atas mobil komando, ia mengundang sejumlah pedemo untuk berdiskusi soal hak angket di dalam gedung DPR.

"Hak angket ini dasar pemikiran, dasar hukum, tujuan dan pertimbangannya bagaimana, banyak yang harus kita bicarakan. Untuk itu, kami diminta ke depan berbicara langsung dan menjemput perwakilannya untuk berbicara di dalam," ujar Adian.

"Kami mau kita bicara serius di dalam sana. Yakinkan kami bahwa hak angket memang jalan keluar bagi persoalan bangsa ini. Saya mau argumentasi yang kuat, data yang kuat, dasar yang kuat," imbuhnya.

Selain perwakilan Fraksi PDIP, turut hadir pula perwakilan Fraksi PKB, Luluk Nur Hamidah dan Daniel Johan, serta Fraksi PKS yang diwakili Al Muzzammil Yusuf.

Adapun massa demo melakukan unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, sejak Selasa (19/3) siang. 

Mereka datang ke gedung parlemen untuk menyampaikan dukungan mereka terhadap usulan hak angket DPR untuk mengusut dugaan kecurangan pada Pemilu 2024. 

Massa yang hadir membawa berbagai poster. Bahkan, ada yang membawa spanduk besar yang bertuliskan "Tangkap & adili Presiden Jokowi", serta "Dukung hak angket DPR-RI, makzulkan Jokowi." 

Baca Juga: Jalan Ditutup Imbas Demo Dukung DPR Gulirkan Hak Angket Pemilu 2024


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x