Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar akan Daftarkan Gugatan Pilpres ke MK Besok atau Sabtu: Benteng Terakhir adalah MK

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 13:58 WIB
ganjar-akan-daftarkan-gugatan-pilpres-ke-mk-besok-atau-sabtu-benteng-terakhir-adalah-mk
Pasangan capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD saat memberikan keterangan pers, Rabu (20/3/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Calon Presiden Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya akan mendaftarkan gugatan Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi besok Jumat atau selambatnya Sabtu.

Hal tersebut disampaikan Ganjar Pranowo dalam keterangannya di Posko Pemenangan Ganjar-Mahfud, Kamis (21/3/2024).

“Kami sudah menyiapkan tim dari tim hukum untuk kita segera mendaftarkan apakah besok atau Sabtu untuk segera menyampaikan seluruh yang ada yang kami persiapakan untuk menjadi pertimbangan hakim MK nantinya,” kata Ganjar.

Ganjar menyampaikan, langkahnya ke Mahkamah Konstitusi ditempuh pihaknya setelah KPU RI mengumumkan hasil suara Pemilu 2024 tadi malam.

Baca Juga: Hadar Nafis Sebut yang Berkuasa Kontrol Penyelenggara Pemilu: Betul-Betul Memegang Mereka

“Setelah pengumuman tadi malam, Tim Ganjar-Mahfud sudah bersepakat, kalaulah semuanya ini harus diluruskan agar demokrasi bisa berjalan baik, maka benteng terakhirnya adalah Mahkamah Konstitusi,” ujar Ganjar.

Sebelumnya Rabu (20/3/2024) malam KPU telah mengumumkan hasil penetapan rekapitulasi suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Pada hari ini Rabu, 20 Maret 2024, KPU telah melaksanakan kegiatan Rapat Pleno Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan suara Nasional Pemilihan Umum 2024,” kata Ketua KPU Hasyim Asyari.

Berdasarkan penetapan tersebut diketahui pasangan Calon Presiden-Wakil Presiden (Capres-Cawapres) RI nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, meraih suara terbanyak dalam Pilpres 2024.


 

Jumlah suara sah secara nasional sebanyak 164.227.475 sebagaimana dtercantum dalam formulir model D Hasil Nasional PPWP.

Baca Juga: Hadar: Pemilu 2024 Bermasalah dan Kualitasnya Sangat Rendah, Penyelenggara Manipulasi Sejak 2022

“Jumlah suara sah pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 1, H Anies Baswedan dan Dr Muhaimin Iskandar sebanyak 40.971.906 suara,” kata Hasyim.

“Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebanyak 96.214.691 suara. Jumlah suara sah pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Prof Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara.”
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x