Kompas TV nasional rumah pemilu

Ikuti Surya Paloh, PKS Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 17:00 WIB
ikuti-surya-paloh-pks-ucapkan-selamat-ke-prabowo-gibran
Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube PKSTV DPR RI)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Namun, ia tetap menghormati gugatan yang dilayangkan oleh kubu Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) yang melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau MK. 

Baca Juga: PKS: Kalau Tak Layak Jumlahnya Sebaiknya Hak Angket DPR Nggak Usah

“Kita ucapkan selamat (ke Prabowo-Gibran) dalam tahap hitungan KPU dengan tetap ada ruang MK,” kata Jazuli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). 

Menurut dia, setiap kontestasi politik akan ada pihak yang menang dan kalah. Oleh sebab itu, pihak yang kalah harus dapat menerima kekalahan sebagai bagian dari proses berdemokrasi.

“Maka sebagai orang yang menganut paham demokrasi, harus menerima kemenangan, harus menerima kekalahan,” ujarnya. 

Dia menilai bahwa gugatan sengketa hasil Pilpres 2024 yang dilayangkan ke MK bukan karena tidak dapat menerima kekalahan. 

“Kita bukan mau menerima atau tidak terima, bukan menerima menang atau tidak terima menang atau tidak terima. Tetapi mereka mempermasalahkan cara menang,” katanya.

Ia menambahkan, setiap pihak berhak menggugat hasil pilpres ke MK sepanjang memiliki bukti-bukti kuat terjadinya dugaan kecurangan. 

“Selama itu punya bukti yang kuat ya ada ruang. Tapi kita berharap suasana kondusif,” katanya.

Ketum Nasdem Surya Paloh menyatakan bahwa pihaknya menerima hasil Pemilu 2024 dan memberikan ucapan selamat kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Hal ini disampaikan Surya Paloh setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil Pemilu 2024 di Jakarta pada Rabu (20/3/2024) malam.

Baca Juga: Soal Surya Paloh Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran, Wakil Ketua TKN: Beliau Kesatria

"Saya dengan ini menyampaikan ucapan selamat kepada semua partai politik yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024, dan kepada ketiga pasangan calon yang terlibat dalam kontestasi pemilihan presiden. Kami dari Partai Nasdem memberikan ucapan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024," ujar Surya Paloh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x