Kompas TV nasional peristiwa

KSAD Sebut Tak Mungkin Ada TNI Bayaran di Ukraina: Pulang Kampung Saja Ketahuan

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 21:30 WIB
ksad-sebut-tak-mungkin-ada-tni-bayaran-di-ukraina-pulang-kampung-saja-ketahuan
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak (kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat jumpa pers selepas acara perayaan Natal bersama TNI AD di Jakarta, Senin (5/2/2024). Jenderal Maruli respons soal kabar adanya anggota TNI bayaran di Ukraina. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Genta Tenri Mawangi)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menyebut tidak mungkin ada personel TNI yang menjadi tentara bayaran di luar negeri.

Hal tersebut disampaikan Maruli usai pemerintah Rusia mengklaim ada tentara bayaran asal Indonesia yang bertempur untuk Ukraina.

KSAD Maruli menyampaikan, pergerakan personel TNI mudah terlacak. Sehingga, personel TNI dinilai tidak mungkin bepergian ke luar negeri untuk menjadi tentara bayaran.

"Kalau kita (tentara) enggak mungkin, pulang kampung saja ketahuan apalagi ke sana," kata Maruli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga: Soal 10 WNI Jadi Tentara Bayaran, Kemenlu Sebut KBRI Kyiv dan Moskow Tidak Pernah Terima Informasi

Kata Maruli Simanjuntak, jika klaim Kementerian Pertahanan Rusia benar, maka 10 WNI yang disebut bertempur di Ukraina dianggap bukan anggota TNI. Ia pun menegaskan akan ada hukuman bagi tentara yang meninggalkan Indonesia tanpa pemberitahuan.

"Pasti (bukan TNI), tidak mungkin kalau dari TNI sudah terorganisir pakai tiket kan pasti ketahuan," tegas Jenderal Maruli dikutip Kompas.com.

"Dia disersi, melawan ini, enggak ada perintah. Berapa orang itu kemarin? 10 orang, cuma 10 orang pasti ketahuanlah kita kan apel pagi."

Bantahan Panglima TNI

Adapun Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto sendiri telah membantah klaim bahwa ada orang Indonesia yang menjadi tentara bayaran di Ukraina. Agus mengaku sudah mengecek kabar tersebut ke atase pertahanan di Moskow, Rusia.

"Saya sudah cek ke atase pertahanan di sana, tidak ada data tersebut," kata Agus di gedung DPR, Jakarta, Kamis (21/3).

"Kita kan enggak menganut tentara bayaran, tidak ada. Itu hanya, kita sudah cek ke Kedutaan Rusia, juga tidak ada, hoaks itu."

Kabar adanya tentara bayaran asal Indonesia di Ukraina pertama kali disiarkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia. Moskow mengkaim ada 13.387 tentara asing sudah memasuki Ukraina sejak 24 Februari 2022. 

Dari belasan ribu tentara asing itu, Rusia menyebut sepuluh merupakan WNI dan empat orang diklaim tewas dalam medan pertempuran.

Baca Juga: Prancis-Rusia Memanas, Paris Menyangkal Rencana Mengirim 2.000 Pasukan ke Ukraina


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x