Kompas TV nasional peristiwa

Dibuka Hari Ini, Tol Kartasura-Klaten Gratis untuk Mudik Lebaran 2024

Kompas.tv - 5 April 2024, 10:21 WIB
dibuka-hari-ini-tol-kartasura-klaten-gratis-untuk-mudik-lebaran-2024
Tol fungsional Kartasura-Klaten. (Sumber: Jatengprov.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang berencana mudik ke Klaten dan Yogyakarta tahun ini, kabar baik datang dari PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Pihaknya telah membuka ruas Tol Kartasura-Klaten sepanjang 22 kilometer untuk dimanfaatkan secara gratis oleh pemudik selama periode Lebaran 2024.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo Segmen Kartasura-Klaten ini akan dibuka satu arah menuju Klaten/Yogyakarta pada tanggal 5-11 April 2024, pukul 06.00-17.00 WIB.

Baca Juga: Pilih Mudik di Malam Hari, Pemudik Motor Padati Jalur Arteri Kalimalang

Sementara untuk arus balik, ruas fungsional ini juga akan dibuka satu arah menuju Tol Trans-Jawa pada tanggal 12-15 April 2024, pukul 06.00-17.00 WIB.

Keberadaan ruas tol fungsional ini diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan Kartasura-Klaten dari sekitar 50 menit melalui jalan arteri menjadi hanya 25 menit saja. Hal ini tentu akan sangat memudahkan dan mempercepat mobilitas pemudik yang hendak menuju dua daerah tersebut.

Baca Juga: ASDP Terapkan Buffer Zone untuk Kendaraan Pemudik sebelum Masuk Pelabuhan, Ini Titik-Titiknya

Meskipun sudah dapat dimanfaatkan, Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo Rudy Hardiasnyah menekankan perlunya kehati-hatian bagi pengguna jalan yang melintas di ruas Tol Kartasura-Klaten karena masih dalam tahap konstruksi.

"Kecepatan kendaraan maksimal tidak lebih dari 40 kilometer per jam. Nanti ada rambu-rambu dan petugas Kepolisian. Kami juga memasang CCTV untuk memantau," kata Rudy dalam media briefing, Selasa (2/4).

Baca Juga: Jelang Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, KSOP Banten Simulasikan Keselamatan Pelayaran

Untuk memastikan kelancaran perjalanan pemudik, PT Jasamarga Jogja Solo telah mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung, seperti kendaraan derek, rescue, ambulans, dan mobil patroli jalan raya. Mereka juga telah menyiapkan standar operasional jalan dengan 11 armada dan 20 personel yang akan siap siaga.

Baca Juga: Trafik Pemudik Motor Tujuan Bakauheni di Pelabuhan Ciwandan Masih Landai


 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x