Kompas TV nasional peristiwa

Info Arus Balik 2024 Hari Ini: Jalur Fungsional Jalan Tol Japek II Selatan Ditutup

Kompas.tv - 14 April 2024, 21:07 WIB
info-arus-balik-2024-hari-ini-jalur-fungsional-jalan-tol-japek-ii-selatan-ditutup
Ilustrasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membuka dua jalan tol secara fungsional selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Yakni Tol Jakarta-Cikampek II dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jalur fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Segmen Sadang hingga Kutanegara arah Jakarta ditutup.

Hal ini dilakukan mengikuti penurunan kepadatan arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek selama arus balik Lebaran pada Minggu (14/4/2024).

Charles Lendra, Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan menyatakan, sebelumnya jalur fungsional ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan dibuka pada Minggu siang pukul 14.25 WIB. 

Namun, atas pertimbangan kepolisian, jalur tersebut ditutup pada sore hari, sekitar pukul 17.00 WIB.

Dengan mempertimbangkan kondisi aktual kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju arah Jakarta yang telah mengalami penurunan.

Untuk memasuki jalur fungsional, pengguna jalan dapat menyiapkan diri mendekati akses masuk jalur tersebut yang terletak di Km 76+400 Jalan Tol Cipularang arah Jakarta.

Jasamarga Japek Selatan telah memasang rambu petunjuk di jarak 1 km, 500 m, dan 200 m sebelum akses masuk jalan tol, serta di persimpangan sebelumnya.

Baca Juga: Detail! Jasa Marga Ungkap Rekayasa di Tol Cikampek Utama hingga Prediksi Puncak Arus Balik

Selain itu, rambu peringatan juga telah dipasang untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan yang hendak menggunakan jalur alternatif agar mereka dapat bersiap sebelum memasuki jalur tersebut.

Jasa Marga menyarankan agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik melalui jalan tol memastikan persiapan perjalanan mereka.

Ini termasuk memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan baik dan layak jalan.

Pengguna jalan juga diimbau untuk menyiapkan persediaan yang cukup serta memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

Baca Juga: Arus Balik Lebaran 2024: Pemudik di Bakauheni Diprediksi Meningkat pada Malam Ini



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x