Kompas TV nasional peristiwa

Satyalencana, Penghargaan yang Bakal Diberikan Presiden Jokowi ke Putra Sulung dan Menantunya Besok

Kompas.tv - 24 April 2024, 20:16 WIB
satyalencana-penghargaan-yang-bakal-diberikan-presiden-jokowi-ke-putra-sulung-dan-menantunya-besok
Putra Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan sang menantu Bobby Nasution hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Rencananya, Presiden Jokowi akan memberikan penghargaan Satyalencana kepada Gibran dan Bobby di Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: Kompas.com/Kristianto Purnomo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

SURABAYA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan memberikan penghargaan Satyalencana kepada putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan salah satu menantunya yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution di Surabaya, Jawa Timur.

Pemberian penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha itu akan dilakukan dalam acara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII di Surabaya, Kamis (25/4/2024) besok.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan, sejumlah kepala daerah juga akan menerima penghargaan tersebut, seperti Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, Anna Mu'awanah yang merupakan Bupati Bojonegoro 2018-2023.

"Acaranya nanti ada Bu Khofifah. Selain itu ada wali kota Medan, wali kota Surakarta," kata Eri, Selasa (23/4), dikutip dari Antara.

Selain nama-nama tersebut, Eri Cahyadi dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga bakal mendapatkan penghargaan Satyalencana.

Baca Juga: Alasan Mahfud MD Tak Hadir Penetapan Prabowo-Gibran: Baru Tahu 30 Menit Sebelum Acara

Eri menjelaskan, "Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha" merupakan penghargaan penting yang diberikan sekali seumur hidup pada kepala daerah.

Tanda kehormatan itu diberikan pada penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan prestasi dan kinerja selama menjabat.

Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden RI.

"Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021," kata Eri.

Setelah diberi penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraga, 29 pemerintah daerah juga bakal menerima piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Piagam ini diberikan berdasarkan penilaian EPPD Tahun 2023, dengan penerima penghargaan terdiri dari lima provinsi, 14 kabupaten, dan 10 kota. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Anugerahkan Satyalencana untuk 15 Kepala Daerah Termasuk Gibran-Bobby


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x