Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan Petir dan Banjir Rob di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Kompas.tv - 26 April 2024, 08:45 WIB
bmkg-imbau-masyarakat-waspada-hujan-petir-dan-banjir-rob-di-sejumlah-wilayah-hari-ini
Ilustrasi kendaraan bermotor dan pesepeda melintas menembus derasnya hujan. BMKG meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai petir yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia pada hari ini, Jumat (26/4/2024).  (Sumber: Kompas.tv/Ant/Wahyu Putro)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan petir dan banjir rob yang diperkirakan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia hari ini, Jumat (26/4/2024).

Prakirawan BMKG, Nurul Tazaroh, menyampaikan prediksi cuaca terkini untuk berbagai kota besar di Tanah Air.

Menurut BMKG, angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam.

Baca Juga: Ganjar Sebut Ada Kemungkinan PDIP Berada di Luar Pemerintahan

"Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam," kata Nurul dikutip dari Antara.

Di Pulau Sumatra, hujan ringan hingga sedang berpotensi turun di Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, dan Medan, sedangkan Banda Aceh diperkirakan berawan. Sementara itu, Bengkulu, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang diwaspadai untuk hujan petir.

Baca Juga: Surya Paloh Tegaskan Nasdem Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran

Wilayah Jawa juga berpotensi mengalami hujan petir, terutama di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hujan sedang diprediksi akan mengguyur Serang dan Yogyakarta, sementara Semarang diperkirakan langit akan berawan.

Cuaca di Kepulauan Sunda Kecil cenderung bervariasi, dengan hujan ringan berpotensi turun di Denpasar, hujan sedang di Mataram, dan cerah berawan di Kupang.

Baca Juga: Remaja Perempuan Ditemukan Tewas di Hotel, Polisi: Ada Dugaan Penyalahgunaan Narkoba dan Pencabulan

Sementara itu, di Pulau Kalimantan, Pontianak, Palangka Raya, dan Banjarmasin berpotensi mengalami hujan petir, sedangkan Tanjung Selor diperkirakan langit akan berawan, kabut di Samarinda, dan hujan ringan di Banjarmasin.

Untuk wilayah Sulawesi, cuaca berawan diprediksi terjadi di Kendari, sementara Palu, Mamuju, dan Makassar diperkirakan akan diguyur hujan ringan. Waspada juga terhadap potensi hujan petir di Gorontalo dan Manado.

Baca Juga: Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Cair Mei-Juni 2024, Pencairan Langsung di Kantor Pos

Di wilayah timur Indonesia, cuaca di Manokwari diprediksi berawan, Ternate dan Jayapura hujan ringan, serta Ambon berpotensi diguyur hujan sedang.

Suhu udara di seluruh wilayah Indonesia umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan berkisar 55 hingga 100 persen.

BMKG juga memperingatkan potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi di pesisir Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti informasi terkini dari pihak berwenang.


 



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x