Kompas TV nasional politik

Soal Posisi yang Diincar Eko Patrio Sebagai Menteri, PAN: Kami Serahkan ke Prabowo

Kompas.tv - 6 Mei 2024, 12:25 WIB
soal-posisi-yang-diincar-eko-patrio-sebagai-menteri-pan-kami-serahkan-ke-prabowo
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas.tv)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau dikenal dengan Eko Patrio masuk dalam kader PAN yang disiapkan untuk pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Namun, PAN tempat partai bernaung Eko,  menyerahkan kepada Prabowo ihwal posisi yang akan diemban nantinya. 

"Soal kabinet tadi, kan pasti ada posisi di mana Mas Eko sangat menguasai. Nah, apakah posisi itu ditawarkan ke PAN? Kita tunggu saja. Tidak usah terburu-buru," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin (6/5/2024). 

Baca Juga: Zulhas Ungkap Menteri PAN yang Masuk di Kabinet Prabowo-Gibran, Ada Nama Eko Patrio

Menurut dia, Eko memiliki kapasitas untuk menjadi pembantu presiden. Dirinya menyebut Eko memiliki pengalaman yang mumpuni selama berkarir di dunia politik. 

"Eko Patrio itu politisi senior, sudah tiga periode menjabat di DPR. Sekarang terpilih lagi untuk periode keempat. Dari sisi pengalaman, tentu Mas Eko pantas dan mumpuni jadi menteri," kata Saleh 

"Kalau di partai, jelas Mas Eko menorehkan prestasi yang sangat baik. Sebagai ketua DPW PAN DKI, Mas Eko berhasil memimpin PAN untuk meraih 10 kursi DPRD DKI dan tiga kursi DPR RI. Itu bukti kegigihan dan kesungguhannya dalam memimpin," sambungnya.

Selain itu, kata dia, pernyataan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang menyebut Eko berpeluang menjadi menteri tidaklah keliru. 

"Saya menilai, Mas Eko itu politisi yang baik. Dia sekretaris saya di Fraksi PAN. Banyak tugas di DPR yang sukses dilaksanakan. Ya, pantaslah kalau Ketum Zulhas menyebut namanya sebagai salah seorang calon menteri," ujarnya.

Sebelumnya, PAN Zulkifli Hasan menjelasakan Eko sudah dimasukkan dalam daftar kader PAN yang masuk dalam kabinet di pemerintahan ke depan. 

Awalnya Zulkifli menjelaskan kader-kader PAN yang berpotensi dicalonkan sebagai kepala deerah di DKI Jakarta. 

Nama-nama kandidat calon kepala daerah dari PAN di Pilkada DKI Jakarta seperti Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani, Sigit Purnomo Syamsuddin Said atau Pasha Ungu, dan Eko Patrio. 

Baca Juga: Ketum PAN Zulhas Sebut Eko Patrio Calon Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

"Kalau Jakarta ada Zita, ada Pasha, ada Eko, tapi kan Eko calon menteri ya," ujar Zulhas di kawasan SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (5/5/2024).


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x