Kompas TV nasional peristiwa

Waspada Hujan Lebat di Kota-Kota Besar Akibat Tiga Siklon dan Bibit Siklon Tropis 91P

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 08:22 WIB
waspada-hujan-lebat-di-kota-kota-besar-akibat-tiga-siklon-dan-bibit-siklon-tropis-91p
Foto ilustrasi hujan lebat dampak cuaca ekstrem. Pihak BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan lebat serta gelombang laut tinggi untuk 27 daerah di Indonesia pada hari ini, Minggu (3/3/2024) hingga esok hari, Senin (4/3). (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia akibat keberadaan tiga sirkulasi siklonik dan bibit siklon tropis 91P. Prakirawan BMKG Rif'at Darajat mengimbau masyarakat untuk waspada potensi hujan lebat disertai kilat/petir, angin kencang, hingga banjir.

Menurut Rif'at, tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, Samudera Pasifik utara dari Papua, serta Laut Banda dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah tersebut.

Sementara itu, bibit siklon tropis 91P di sekitar Laut Arafuru, Maluku,  berpeluang rendah menjadi siklon, namun dapat menyebabkan hujan sedang hingga lebat dan angin kencang di wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem, BMKG: 22 Wilayah Berpotensi Alami Hujan Lebat-Angin Kencang Hari Ini

"Tiga sirkulasi siklonik di perairan utara Kalimantan Barat, kemudian Samudera Pasifik utara dari Papua serta Laut Banda. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik," jelas Rif'at dikutip dari Antara, Selasa (7/5/2024).

Di Pulau Sumatra, BMKG memprakirakan hujan lebat di Medan, serta hujan dengan intensitas sedang di Bengkulu dan Bandarlampung. Sementara di Padang, Tanjungpinang, Jambi, dan Pangkalpinang, masyarakat diminta waspada terhadap hujan yang disertai kilat/petir.

Untuk wilayah Pulau Jawa, cuaca cerah diprediksi terjadi di Surabaya, sementara Serang, Semarang, Bandung, dan Yogyakarta diperkirakan berawan. Hujan ringan diprediksi terjadi di Jakarta.

Baca Juga: Saatnya untuk Tahu Penyakit yang Timbul di Cuaca Panas Terik | SINAU

Di Pulau Kalimantan, cuaca cerah berawan diperkirakan terjadi di Banjarmasin, sedangkan hujan ringan diperkirakan mengguyur Palangka Raya. Masyarakat di Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda diminta waspada terhadap hujan disertai kilat/petir.

Hujan sedang diprediksi terjadi di Kendari, Sulawesi Tenggara, sementara Mamuju diimbau waspada terhadap hujan disertai kilat/petir. Di wilayah timur Indonesia, hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di Jayapura, Ternate, Manokwari, dan Ambon.


 

BMKG juga memperingatkan potensi banjir pesisir atau rob di pesisir Belawan dan pesisir Balikpapan akibat tinggi gelombang laut yang diprakirakan mencapai 0,5 hingga 2,5 meter.

Mengingat kondisi cuaca ekstrem ini, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti informasi terkini dari BMKG. Hindari aktivitas di luar ruangan jika tidak terlalu penting dan utamakan keselamatan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x