Kompas TV nasional politik

Buka Suara soal Wacana Pembentukan Presidential Club, JK: Memang di Amerika Ada

Kompas.tv - 7 Mei 2024, 18:58 WIB
buka-suara-soal-wacana-pembentukan-presidential-club-jk-memang-di-amerika-ada
Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla alias JK saat di program ROSI, Kompas Tv, Kamis (7/3/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) buka suara tentang wacana pembentukan Presidential Club oleh pihak Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

Menurut JK, klub semacam itu sudah ada di seluruh dunia, bahkan di Amerika Serikat. Ia menanggapi wacana itu dengan positif.

“Tentu baik, positif, di dunia itu ada. Jadi kayak Club de Madrid, itu malah perkumpulan dari para presiden dan juga diminta saja dari anggota,” jelasnya, Selasa (7/5/2024) dikutip dari laporan tim liputan Kompas TV.

JK bahkan mengaku sudah beberapa kali menghadiri kegiatan klub semacam itu.  Ia menyebut para mantan presiden rutin bertemu untuk memberikan sejumlah saran.

Baca Juga: Prabowo Usulkan Pembentukan Presidential Club, Ketua MPR: Kalau Bisa Diformalkan

“Saya berapa kali menghadiri itu, jadi memang ada klub seperti itu di Amerika, ada.”

“Walaupun tidak resmi, mantan-mantan presiden Amerika yang masih hidup itu selalu sekali setahun bertemu untuk memberikan saran-saran,” tegasnya.

JK menegaskan bahwa perkumpulan atau klub semacam itu merupakan sesuatu yang baik. Ia menambahkan, Club de Madrid juga beranggotakan mantan wakil presiden.

“Kalau di Club de Madrid termasuk wapres, kalau di sini saya tidak tahu maunya bagaimana.”


Sebelumnya Kompas TV memberitakan, Dahnil Anzar Simanjuntak memastikan Prabowo Subianto akan duduk bersama dengan mantan Presiden RI lain, yakni Susilo Bambang Yudoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, dan Joko Widodo (Jokowi).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x