Kompas TV nasional humaniora

Tema dan Sejarah Hari Palang Merah Sedunia yang Diperingati 8 Mei 2024

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 08:27 WIB
tema-dan-sejarah-hari-palang-merah-sedunia-yang-diperingati-8-mei-2024
Hari Palang Merah Sedunia diperingati setiap tanggal 8 Mei yang pada tahun ini jatuh pada hari ini, Rabu (8/5/2024). (Sumber: icrc.org)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tanggal 8 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Palang Merah Sedunia atau yang disebut juga World Red Cross and Red Crescent Day (Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia).

Dilansir laman International Federation of Red Cross (IFRC), pada Hari Palang Merah Sedunia 2024, tema yang diangkat yaitu "I give with joy, and the joy I give is a reward" atau dalam bahasa Indonesia berarti "Aku memberi dengan kebahagiaan dan kebahagiaan yang aku beri adalah hadiah."

Tujuan peringatan Hari Palang Merah Internasional yaitu untuk merayakan semangat kemanusiaan dan memberi penghargaan kepada mereka yang sudah berbuat baik kepada sesama.

Baca Juga: Bibit Siklon 91P Masih Terpantau BMKG, Ini Wilayah-Wilayah yang Diprediksi Hujan Lebat Hari Ini

Presiden IFRC Kate Forbes menyampaikan pesan untuk memperingati Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia 2024.

"Ini adalah hari di mana kita menghormati warisan Henry Dunant, relawan perintis yang mendirikan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional lebih dari 160 tahun yang lalu. Yang terpenting, hari ini adalah hari di mana kita memberikan penghormatan kepada jutaan relawan dan staf yang bekerja bersama orang-orang yang membutuhkan perlindungan, bantuan, layanan kesehatan, bantuan sosial, dan solidaritas," tulis Forbes, seperti dilansir laman ifrc.org, Selasa (7/5/2024).

"Di tengah konflik bersenjata dan kekerasan, bencana alam, krisis terkait iklim, epidemi, kerawanan pangan, dan pengungsian massal di beberapa situasi paling rentan di dunia, komitmen kami untuk membantu orang lain tetap kuat," lanjutnya.

Forbes juga mengatakan pengakuan universal terhadap para relawan dan staf Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sangat penting untuk membantu melindungi mereka saat mereka melakukan tugas penyelamatan nyawa di seluruh dunia.

Baca Juga: Federasi Palang Merah Internasional IFRC: Kelaparan di Gaza Sudah Melampaui Malapetaka

Sejarah Hari Palang Merah Sedunia

Penetapan Hari Palang Merah Internasional tidak lepas dari sosok bapak Palang Merah, Jean Henry Dunant, sebagai pencetus gerakan kemanusiaan tersebut.

Awal mula ide peringatan ini muncul ketika pembahasan mengenai sebuah aksi tahunan dalam Konferensi Internasional ke-14.

Akhirnya tanggal 8 Mei dipilih karena merupakan hari lahir Dunant, pendiri Komite Palang Merah Internasional.

Tujuan peringatan Hari Palang Merah Sedunia adalah untuk menegaskan kembali komitmen teguh para petugas palang merah dan seluruh relawan yang tergabung di dalamnya terhadap kemanusiaan bersama.

Hari Palang Merah Internasional yang pertama dirayakan pada tanggal 8 Mei 1948. Nama hari peringatan tersebut berubah seiring berjalannya waktu dan kemudian dikenal sebagai Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Sedunia pada tahun 1984.


 




Sumber : ifrc.org


BERITA LAINNYA



Close Ads x