Kompas TV nasional peristiwa

Kunjungi "Keraton Majapahit" di Cipayung, Prabowo: Kalau Bukan Kita yang Menghormati, Siapa Lagi?

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 13:46 WIB
kunjungi-keraton-majapahit-di-cipayung-prabowo-kalau-bukan-kita-yang-menghormati-siapa-lagi
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menandatangani prasasti saat mengunjungi bangunan replika Keraton Majapahit di Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2024). Bangunan replika Keraton Majapahit ini digagas oleh mantan Kepala BIN A.M Hendropriyono (Sumber: Humas Kemhan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bangunan replika Keraton Majapahit yang berada di Cipayung, Jakarta Timur mendapat apresiasi dari Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. 

Penggagas bangunan yang dibuka untuk umum ini yakni mantan kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) A.M Hendropriyono. 

Selasa (7/5/2024), Prabowo menyempatkan diri untuk berkunjung ke Keraton Majapahit Jakarta, yang dibangun Hendropriyono, sekaligus memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Profesor Ilmu Filsafat Intelijen itu. 

Menurut Prabowo, bagunan replika tersebut merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya dan sejarah bangsa.

Tak hanya itu  pembuatan replika Keraton Majapahit ini bisa menjadi media edukasi bagi generasi penerus tentang seberapa besarnya kerajaan Majapahit di masa lalu.

Baca Juga: [FULL] Sambutan Prabowo di Peresmian Replika Keraton Majapahit

Pengenalan nilai-nilai budaya seperti itu harus dilakukan kepada generasi penerus supaya identitas bangsa tetap bisa bertahan di tengah perkembangan zaman.

"Kalau bukan kita yang menghormati dan menghargai budaya kita sendiri, siapa lagi? Tidak ada orang lain yang akan menghormati (budaya) kita, kalau kita sendiri tidak menghormatinya," ujar Prabowo dalam keterangan tertulisnya yang diterima KOMPAS TV, Rabu (8/5/2024). 

"Inilah sekarang cara-cara kita untuk selalu melestarikan dan menghormati budaya kita. Jadi, saya sangat kagum. Saya ucapkan selamat, luar biasa," sambung Prabowo. 

Prabowo turut menandatangani prasasti untuk Keraton Majapahit yang bertuliskan "Replika Kraton Majapahit Jakarta ini merupakan gelombang kebangkitan bangsa Indonesia di bidang Kebudayaan demi membangun kepribadian bangsa yang berdaulat di bidang politik dan mandiri di bidang ekonomi nasional."

Pada kesempatan yang sama, Prabowo mendapat cendera mata berupa patung Pangeran Diponegoro dari Hendropriyono. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x