Kompas TV nasional humaniora

Kemhan Buka Pendaftaran Komcad 2024 Matra Darat, Ini Syarat, Tugas, dan Prakiraan Gajinya

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 14:44 WIB
kemhan-buka-pendaftaran-komcad-2024-matra-darat-ini-syarat-tugas-dan-prakiraan-gajinya
Pendaftaran Komcad 2024 Matra Darat dibuka 1 Mei-7 Juni. (Sumber: Instagram/@kemhanri)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan (Kemhan) membuka pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) 2024 Matra Darat mulai 1 Mei hingga 7 Juni.

Dilansir akun Instagram Kemhan, @kemhanri, Rabu (7/5/2024), pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://komcad.kemhan.go.id/.

Sebagai informasi, Komcad adalah salah satu program sukarela (tidak wajib) yang diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara.

Komcad tidak sama dengan wajib militer, seperti dikutip dari laman kemhan.go.id. Merujuk UU No. 23 Tahun 2019, Komcad adalah sumber daya nasional yang disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Komcad terbagi menjadi empat, yaitu Komcad sumber daya manusia (SDM), Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan, dan Komcad sarana dan prasarana.

Baca Juga: Penerima Kartu Prakerja Gelombang 67 Diumumkan! Ini Cara Cek Lolos atau Tidak dan Langkah Berikutnya

Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam.

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara.

Lantas siapa saja yang bisa mendaftar Komcad dan apa tugasnya jika sudah diterima? Berikut penjelasannya.

Syarat Daftar Komcad 2024 Matra Darat

Dikutip dari laman Kemhan, berikut syarat mendaftar Komcad:

  • Warga negara yang berusia 18-35 tahun;
  • Masyarakat dengan latar belakang apa saja yang memenuhi persyaratan bisa secara sukarela mendaftar menjadi anggota Komcad. Pendaftar akan diseleksi secara ketat oleh TNI;
  • Setelah dinyatakan lulus seleksi, akan mendapatkan pelatihan militer dasar selama 3 bulan di pusat-pusat pelatihan militer milik TNI, baik TNI AD, AL maupun AU;
  • Selama masa pelatihan, bila calon anggota Komcad tersebut berprofesi sebagai ASN atau karyawan swasta, akan tetap mendapatkan haknya dari instansi tempat mereka bekerja.

Baca Juga: Momen Pertemuan Menhan Prabowo dan CEO Apple Tim Cook di Kantor Kemhan

Setelah selesai pelatihan dan dinyatakan lulus, peserta ditetapkan secara resmi sebagai anggota Komcad dan bisa kembali ke profesi awalnya sebagai warga negara sipil. 

Seluruh atribut kemiliteran yang digunakan untuk latihan, termasuk senjata, dikembalikan kepada lembaga pendidikan militer masing-masing sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 3/2021.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x