Kompas TV nasional politik

Bupati Kendal dan Raffi Ahmad Lakukan Sesi Foto, Analis Politik: Test The Water

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 19:30 WIB
bupati-kendal-dan-raffi-ahmad-lakukan-sesi-foto-analis-politik-test-the-water
Foto viral Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad. (Sumber: Instagram)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono menilai adanya sesi foto bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan selebritas Raffi Ahmad merupakan semacam penjajakan respons masyarakat, atau kerap diistilahkan dengan test the water.

Teguh menjelaskan pendapatnya tersebut dalam dialog di Program Rumah Pemilu, Kompas TV, Kamis (9/5/2024), menjawab pertanyaan apakah sesi foto keduanya merupakan bentuk keseriusan keduanya maju di Pilkada Jawa Tengah.

“Ini saya kira menarik ya, ini semacam test the water, ya,” kata dia dalam dialog dengan tema Bupati Kendal-Raffi Ahmad Siap Maju Jateng 1?

“Saya kira ini proses yang dilakukan oleh Dico dan Raffi bersama Partai Golkar tentunya untuk menguji bagaimana respons publik terhadap figur-figur muda ini.”

Teguh menambahkan, Dico sudah cukup lama menjabat sebagai Bupati Kendal, Jawa Tengah, sementara Raffi cukup terkenal sebagai artis.

Baca Juga: Golkar Buka Suara soal Foto Raffi Ahmad dan Dico Ganinduto Maju Jateng 1

“Saya kira ini sebuah proses awal, tetapi saya kira kita harus lihat juga sebetulnya dalam proses pemilihan umum atau proses kompetisi itu memang banyak faktor yang menentukan bagaimana ke depan proses pemilihan kepala daerah itu.”

“Salah satunya tentu kemunculan figur-figur muda, yang secara nasional dikenal, bahkan Raffi juga sangat dikenal di kalangan masyarakat karena posisinya sebagai artis,” tambahnya.

Namun, lanjut dia, wacana majunya Dico-Raffi ini merupakan tantangan bagi partai-partai politik besar di daerah itu, khususnya Golkar. Sebab, pada Pemilu 2024, Golkar hanya meraih 17 kursi di DPRD Jateng.

“Saya kira dengan perolehan kursi di 2024 sebanyak 17 kursi itu kan tidak bisa mengusung dengan sendirinya.”

“Apalagi Raffi ini kan bukan tokoh politik ya, sementara Dico dari Golkar. Artinya ini membutuhkan tambahan dukungan dari partai lain untuk bisa diusung di Pilkada Jawa Tengah,” tuturnya.

Ia menegaskan, kemunculan Dico-Raffi ini semacam test the water, karena PDI Perjuangan sangat dominan di Jawa Tengah.

Sebelumnya, Kompas.TV memberitakan, beberapa waktu lalu beredar video yang memperlihatkan Dico Ganinduto yang diketahui salah satu kader Partai Golkar tengah melakukan sesi foto dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

Video tersebut beredar pada Senin 6 Mei 2024. Menariknya, dalam video tersebut, keduanya tampak serasi mengenakan pakaian yang senada.

Baca Juga: Prabowo Malam Takbiran Bersama Keluarga dan Selebritas, Ada Raffi Ahmad hingga Baim Wong

Terlihat Raffi dan Dico yang mengenakan peci dan kemeja putih tengah berfoto genggaman tangan bersama, lalu berganti pakaian mengenakan jaket coklat, dan berpose dengan berbagai gaya hingga berboncengan di atas Vespa.

Unggahan itu pun dibanjiri komentar netizen yang menduga keduanya bakal berpasangan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x