Kompas TV nasional politik

Analis Politik Berpendapat Peluang Bupati Kendal-Raffi Ahmad Dapat Dukungan Parpol Tergantung Lobi

Kompas.tv - 9 Mei 2024, 20:18 WIB
analis-politik-berpendapat-peluang-bupati-kendal-raffi-ahmad-dapat-dukungan-parpol-tergantung-lobi
Anais politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono dalam dialog di Rumah Pemilu, Kompas TV, Kamis (9/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono menilai peluang Bupati Kendal Dico Ganinduto dan Raffi Ahmad untuk mendapat dukungan partai politik jika ingin maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah, tergantung pada lobi mereka.

Pernyataan Teguh tersebut disampaikan dalam dialog pada Program Rumah Pemilu, Kompas TV, Kamis (9/5/2024) dengan tema Bupati Kendal-Raffi Ahmad Siap Maju Jateng 1?

Dalam dialog itu, Teguh menjawab pertanyaan mengenai apakah jika Golkar benar-benar serius mendukung Dico, mereka bisa memaksakan untuk berpasangan dengan Raffi.

“Dico kan tidak bisa mendaftar sendiri ya, dengan perolehan kursi di bawah 20 persen, hanya 17 kursi Partai Golkar, dia membutuhkan kursi 24,” tuturnya.

Baca Juga: Golkar Buka Suara soal Foto Raffi Ahmad dan Dico Ganinduto Maju Jateng 1

“Ketka mengusung Raffi Ahmad sebagai wakil gubernur misalnya, apakah partai politik lain menerima atau ikhlas ketika wakilnya bukan orang-orang dari partai pengusung itu?”

Sebab, kata dia, Raffi tidak memiliki basis partai politik, dan sebagai selebritas yang non-partisan, kata Teguh, proses untuk Raffi bisa diterima oleh parpol masih cukup panjang.

“Artinya, Raffi itu kan tidak punya basis partai politik, sebagai tokoh di luar itu. Sebagai artis yang tidak partisan, ini kan artinya prosesnya masih panjang.”

“Harus ada proses lobi, proses diskusi, negosiasi, dengan partai mana kira-kira,” tambahnya.

Peluang Raffi untuk menjadi wakil Dico, menurutnya sangat tergantung pada bagaimana seni mereka melobi dan bernegosiasi.

“Saya kira sangat tergantung pada bagaimana seni mereka melobi dan bernegosiasi, sehingga yang menjadi wakil adalah memang orang yang tidak punya basis partai politik.”

Sebelumnya Kompas.TV memberitakan, beberapa waktu lalu beredar video yang memperlihatkan Dico Ganinduto yang diketahui salah satu kader Partai Golkar, tengah melakukan sesi foto dengan artis yang juga pengusaha, Raffi Ahmad.

Video tersebut beredar pada Senin 6 Mei 2024. Menariknya, dalam video tersebut, keduanya tampak serasi mengenakan pakaian yang senada.

Baca Juga: Prabowo Malam Takbiran Bersama Keluarga dan Selebritas, Ada Raffi Ahmad hingga Baim Wong

Terlihat Raffi dan Dico yang mengenakan peci dan kemeja putih tengah berfoto genggaman tangan bersama, lalu berganti pakaian mengenakan jaket coklat, dan berpose dengan berbagai gaya hingga berboncengan di atas Vespa.

Unggahan itu pun dibanjiri komentar netizen yang menduga keduanya bakal berpasangan untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x