Kompas TV nasional politik

PAN Sambut Baik jika Nomenklatur Kementerian di Era Pemerintahan Prabowo Ditambah

Kompas.tv - 10 Mei 2024, 07:26 WIB
pan-sambut-baik-jika-nomenklatur-kementerian-di-era-pemerintahan-prabowo-ditambah
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas). (Sumber: KOMPAS/REGINA RUKMORINI)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan alias Zulhas menyambut baik rencana pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menambah nomenklatur kementerian.

Hal tersebut disampaikan Zulhas saat ditemui usai Workshop dan Rakornas PAN Pemenangan Pilkada 2024 di Jakarta, Kamis (9/5/2024) malam, sebagaimana dikutip dari Antara.

“Saya kira karena dunia terus berkembang, keadaan terus berkembang, jadi kalau mau ditambah nomenklaturnya itu bagus,” katanya.

Apalagi, kata Zulhas, Indonesia merupakan negara besar dengan berbagai tantangan yang dimiliki. Namun, dia menegaskan ditambah atau tidaknya kementerian merupakan hak Prabowo selaku presiden terpilih.

Baca Juga: Demokrat Setuju Kementerian Ditambah: Produk Hukum 16 Tahun Lalu Wajar Jika Dikaji Ulang

“Itu haknya presiden terpilih, ya. Tetapi negara Indonesia yang besar, kita belasan ribu pulau, penduduk hampir 280 juta lebih, dan segala masalah yang ada; kalau perlu diperbanyak, ditambah nomenklatur, saya kira itu juga bagus,” ucapnya.

Zulhas kemudian membeberkan sejumlah nama kader PAN yang siap masuk dalam kabinet Prabowo-Gibran, antara lain Yandri Susanto, Asman Abnur, Eddy Soeparno, dan Saleh Partaonan Daulay.

“Ada Yandri, ada Pak Asman, ada Eddy Soeparno, ya, kan … ada Pak Saleh Daulay, banyak ya,” kata dia.

Namun, Zulhas menyampaikan, posisi menteri sepenuhnya menjadi kewenangan presiden terpilih.

“Bahwa nanti soal menteri itu hak penuhnya prerogatif presiden terpilih, terserah kepada beliau. Kalau kader PAN kan banyak yang hebat-hebat,” ujarnya.

Baca Juga: Ketika Parpol di KIM Setuju soal Penambahan Kementerian di Pemerintahan Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay saat memimpin doa di awal acara rakornas menyampaikan harapannya kepada Prabowo agar PAN diberikan kursi menteri lebih dari yang diperkirakan.

Dia menilai PAN sebagai partai paling setia, loyal, teguh, dan konsisten mendukung Prabowo menjadi Presiden RI.

“Sebagai insan yang beriman, tentu hal itu sangat kami syukuri. Namun demikian, kami tentu akan lebih berterima kasih dan bersyukur lagi andai kata amanah yang diberikan kepada kami bisa lebih banyak dari apa yang kami perkirakan selama ini,” kata Saleh.


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x